Wajib Tau, Ini Deretan Tumbuhan Herbal yang Baik untuk Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia adalah salah satu negara dengan apotek hidup terbesar di dunia. Julukan ini cukup beralasan karena Indonesia kaya akan beragam tumbuhan yang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut daftar tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan :

1. Jahe
Bau jahe yang harum dan segar dipercaya bisa mencegah mual bagi ibu hamil (morning sickness). Selain itu, jahe juga dipercaya dapat mengatasi radang sendi, nyeri menstruasi, serta mual dan muntah setelah operasi.

2. Temulawak
Temulawak adalah salah satu bahan rempah-repah yang cukup populer di Indonesia. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb, manfaat temulawak sudah dirasakan dari sejak dahulu kala sebagai obat tradisional khas Indonesia.

Jamu ini baik untuk menambah nafsu makan, mengobati gangguan pencernaan, mengatasi kram perut saat haid, mengatasi masuk angin, membantu pengobatan kanker, memengaruhi metabolism lemak, dan mengatasi radang sendi.

3. Kunyit Asam
Kunyit yang sudah dicampur asam akan memiliki kandungan penawar racun dan menetralisir racun yang mengendap di dalam tubuh, lalu membuangnya dalam bentuk urin dan keringat.

Jamu kunyit asam juga mampu mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan. Kandungan Vitamin C-nya juga mampu membuat kulit lebih cerah dan semakin sehat.

4. Jahe Merah
Manfaat jahe merah adalah untuk meluruhkan kentut (karminatif), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti peradangan, anti mikroba dan parasit.

Selain itu, dipercaya sebagai anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

5. Jamu Beras Kencur
Jamu beras kencur dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual. Jamu ini juga mampu meningkatkan nafsu makan. Jadi untuk ibu yang bingung anaknya susah diajak makan, coba ikhtiar menggunakan beras kencur ini agar anak mau makan. Namun, harus sabar dan dilakukan secara rutin.

6. Jamu Galian Singset
Jamu ini terbuat dari berbagai bahan alami seperti kencur, jahe, dan temu kunci. Jamu ini mampu membuat tubuh menjadi langsing dan mencegah jerawat.

Selain itu, bisa membuat badan menjadi wangi, merapatkan dan menjadikan organ intim wangi serta mengatasi keputihan.

7. Jamu Uyup-uyup
Jamu uyup uyup sangat dikenal oleh masyarakat pedesaan dan sudah digunakan secara turun temurun. Salah satunya adalah untuk melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Jamu yang juga sering disebut dengan gepyokan ini terbuat dari empon-emponan atau akar akaran seperti kencur, jahe, lengkuas, daun katuk, cabe puyang, temugiring, bangle dan juga kunyit.

Reporter: Afina UsaimatuU Zakiyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini