Serba Ter, Hanya Ada di Indonesia Tanah Air Tercinta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia dikenal dengan negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan jumlah lebih dari 17.000 pulau dan 7.000 di antaranya adalah pulau yang berpenghuni. Hal ini membuat Indonesia menyimpan banyak kekayaan alam yang tidak dimiliki negara lain.

Siapa sangka, di dalam kekayaan alam tersebut ternyata ada tujuh hal terbesar di dunia dan berada di Indonesia. Simak yuk apa saja sih tujuh hal tersebut,

1. 3 Pulau Terbesar di Dunia

Indonesia memiliki 3 Pulau terbesar di dunia. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Papua yang menempati urutan ke-2 dunia, Pulau Kalimantan di urutan ke-3, dan Pulau Sumatera di urutan ke-6.

2. Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Sebanyak 2,5 – 4,5 juta hektare luas hutan bakau ada di Indonesia, menandakan bahwa 25% total hutan bakau di dunia ada di Indonesia.

3. Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Danau dengan legenda yang menarik perhatian warga ini ternyata merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini ada akibat letusan Gunung Toba.

4. Pemakaman Terbesar di Dunia

Kali ini adalah tradisi pemakaman di Indonesia yang menjadi tradisi pemakaman terbesar di dunia. Tradsi Rambu Solo yang dilakukan oleh masyarakat Toraja ketika ada kerabatnya yang meninggal menjadi upacara dengan biaya paling mahal di dunia. Upacara ini berlangsung sampai tujuh hari dan memakan biaya miliaran rupiah.

5. Kota Metropolitan Terbesar di Dunia

Jakarta adalah kota metropolitan terbesar kedua di dunia setelah Tokyo. Menduduki peringkat satu di Asia Tenggara dengan jumlah kontibusi terhadap negara secara internasional sebanyak 11 persen populasi.

6. Bahasa Terbanyak di Dunia

Menurut Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Republik Indonesia mencatat, terdapat 733 bahasa dari 2.425 daerah pengamatan di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menempati urutan teratas ke-2 di dunia.

7. Rumah Kadal Terbesar di Dunia

Kadal Terbesar yang ada di Indonesia adalah Komodo. Dengan penelitian yang menyebutkan Komodo bukan tipikal reptil yang meninggalkan tanah kelahirannya, hal itu membuat Indonesia merupakan habitat asli Komodo. Rumah terbesarnya adalah Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Nah, itu tadi hal-hal terbesar yang ada di Indonesia, kalian pasti bangga kan menjadi warga Indonesia yang diakui dunia dengan kekayaan alamnya!

Reporter: Cindy Aulia SilniKaffah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini