Pertaruhan Karya Axl Roses Saat Membuat Lagu November Rain

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOS ANGELES – Generasi 90-an tentu tidak asing dengan Guns N ’Roses, grup band rock terbaik sepanjang masa. Salah satu lagunya yang berjudul “November Rain” menjadi salah satu lagu terlaris sepanjang masa, yang disebut sebagai masterpiece sepanjang karier mereka.

November Rain mendobrak kebiasaan Guns N’Roses dalam beberapa hal. Selain durasi lagunya yang tak lazim, 8:57, hal berbeda juga diterapkan dalam proses pembuatan lagunya. Axl Rose terjun langsung dalam penciptaan lagu ini. Versi awal lagu ini dibuat dalam versi piano yang juga dimainkan oleh Axl hingga akhirnya dijadikan versi yang selama ini dikenal luas oleh publik.

Bagi Axl Rose, lagu ini punya makna lebih. Ia pun menggunakan idealismenya untuk membuat komposisi ini sesuai dengan apa yang diinginkannya. Dari versi piano, aransemen pun berkembang dengan interlude gitar Slash yang ikonik. Lagu ini pun menjelma menjadi sesuatu yang lain, tapi masih dalam kontrol Axl.

Sang vokalis bersikeras lagu ini harus digarap dengan baik. Axl pernah mengatakan jika lagu ini tidak direkam dengan baik, maka ia akan berhenti bermusik. Terbukti, kini video musik “November Rain” telah ditonton lebih dari 1 miliar kali, dan jadi tembang mereka paling everlasting.

Dalam liriknya, “November Rain” berkisah tentang cinta yang berujung perpisahan, sementara aransemen yang menampilkan nuansa orkestra, kian membuat lagunya terdengar begitu minor. Lagu ini dinilai begitu melankolis, terlebih ketika didengarkan di musim hujan, sesuai dengan judul lagu tersebut.

Slash pernah menyebut lagu ini adalah lagu yang sangat personal bagi Axl. Lagu ini bercerita tentang cinta pedih yang kandas saat rasa cinta sedang berada di puncak. Namun, Slash tidak pernah menyebutkan apakah semua itu berhubungan dengan Axl atau tidak.

Cerita menarik juga datang dari pemeran wanita yang ada di video klip, Stephanie Seymour, memang sedang berpacaran dengan Axl Rose saat video dibuat. Axl mengklaim mereka tunangan, tapi dibantah oleh Seymour.

Reporter : Afif Ardiansyah

1 KOMENTAR

  1. ???????? ???? ?????? ???? ????? ????? ???????? ??????? ??? ???? ???????? ????? ???? ???????? ??????? ???? ??? ??????? ??? ??? ??????? ??????? (???????) ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini