Marak Istilah Office Spouse, Normal Gak Sih?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPunya teman kantor lawan jenis yang selalu jadi tempat curhat atau makan siang bareng? Bisa jadi kamu terkena fenomena office spouse. Sejauh mana hubungan ini aman atau berbahaya?

Fenomena office spouse atau pasangan di tempat kerja sudah dikenal lama. Hubungan ini biasanya berawal dari kedekatanyang intensif di tempat kerja. Entah karena sering ditugaskan bersama atau sekadar karena duduknya berdekatan.

Menurut survey tahun 2007, setidaknya 23 persen pekerja kantoran mengaku memiliki pasangan spesial di tempat kerja. Tapi jangan salah, belum tentu spesial‘ yang dimaksud adalah hubungan percintaan.

Merasa familiar dengan kondisi tersebut? Coba lihat tujuh tanda-tanda apakah kamu juga ternyata memiliki pasangan spesial di kantor seperti dilansir dari Career Builder.

1. Kamu sangat bergantung kepadanya bahkan pada urusan-urusan kecil seperti mencari obat, makanan ringan, atau meminjam alat tulis.
2. Kamu punya lelucon internal yang hanya dimengerti berdua.
3. Kamu bisa sangat jujur dan terbuka pada orang ini bahkan sampai hal-hal kecil seputar penampilan. Misalnya mengkritik rambut atau gaya berpakaiannya.
4. Ketika terjadi sesuatu masalah atau kabar gembira di tempat kerja, dia adalah orang yang pertama kali kamu cari.
5. Pada saat makan siang, dia tahu makanan seperti apa yang kamu suka dan tidak.
6. Kamu bisa saling menyelesaikan kalimat masing-masing.
7. Dia tahu banyak tentang kehidupan pribadi kamu seperti pasangan resmi atau sahabatmu.

Jika hampir semua tanda-tanda tersebut terjadi, berarti kamu resmi dinyatakan terlibat dalam fenomena office spouse. Beberapa riset mengatakan hal ini baik untuk produktivitas.

Tapi, sisi lain bisa membahayakan kehidupan pernikahanmuBerikut tips tetapaman dalam memiliki office spouse.

1. Usahakan selalu menyertakan teman kantor lain untuk bergabung dengan kalian berdua. Hal ini juga bisa menghindari pandangan negatif dari rekan sekerja tentang hubunganmu.
2. Sebisa mungkin hindari bercerita tentang kehidupan pribadimu kepada dia, apalagi bila sedang ada masalah. Kedekatan yang ‘berbahayabisa muncul dari sini.
3. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan bersama office spouse-mu selain kegiatan kantor. Jika dia mengajak pergi setelah jam kerja, usahakan ajak teman-teman kantor lainnya.
4. Jika sudah menikah, perkenalkan pasangan kantormu dengan sang suami. Jika suami merasa dilibatkan, dia juga akan semakin percaya dan pasangan kantormu akan merasa tetap memiliki batas.
5. Jangan terlalu sering membicarakanpasangan kerjamu di kantor. Suamimu mungkin saja mengenal sang office spouse kamu. 
Tapi, membicarakan tentang dia terus menerus pastinya akan menimbulkan masalah baru dalam pernikahanmu. Lalu, bagaimana jika kita sudah mencoba hal-hal tadi tapi tetapada hubungan lebih?

Itu tandanya kamu masuk dalam fenomena office affair, atau bisa dibilang berselingkuh di tempat kerja. Kamu pun harus siap dengan dampak buruknya yang tidak main-main.

Sebab, hal ini bisa merusak hubungan keluarga, merusak karier, merusak kepercayaan dan nama baik.

Hubungan terlarang di kantor ini biasanya akan menjadi gosip yang menarik di kantor. Bila kamu terbukti berselingkuh, bisa jadi kamu kehilangan pekerjaan bila perusahaan tidak mau citra perusahaan menjadi rusak.

Namun, jika perusahan tidak mengambil tidakan tegas, kamupun tetap akan kehilangan wibawamu. Nama baikmu juga jadi tercemar karena ketahuan menjadi orang yang tidak setia. Sebutantidak setia atauperusak rumah tanggabisa menjadi julukan barumu.

Belum lagi, bila pasangan hidupmu atau selingkuhanmu datangke kantor sambil marah-marah yang akan menarik perhatian karyawan lainnya.

Kemungkinan lain adalah terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Kamu tentu akan merasakan malu. Untuk menghindari semua hal negatif itu, berikut tips yang perlu kamu ketahui.

1. Jangan memulai atau terlibat dari perkataan yang berisi rayuan dengan rekan kerja yang berlawanan jenis.

Perkataan yang diucapkan seorang teman kerja, walaupun hanya berupa gurauan hendaknya tidak ditanggapi. Dari sini dapat menjadi awal mula timbulnya perasaan asmara.
2. Memajang foto keluarga atau pasangan di meja kerja. Dengan memajang foto keluarga atau pasangan di meja kerja, maka kamu akan teringat bahwa dirimu sudah memiliki pasangan hidup dan anak-anak.
Memasang foto keharmonisan keluarga dapat membuat penggodamu untuk berpikir ulang. Hal ini dapat menjadi perlindungan bagimu.
3. Gunakan pakaian yang sopan. Hindari untuk memilih pakaian yang terlalu terbuka atau minim. Pasalnya, hal ini dapat merusak konsentrasi rekan lainnya atau bahkan menjadi bahan ejekan atau menjadi bahan rayuan teman.


Perselingkuhan
memang sekilas terlihat menyenangkan, tapi hal tersebut hanyalah semu. Ujung-ujungnya harus membayar dengan harga yang mahal atas perilaku tersebut. Sebaiknya, sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa memicu perselingkuhan di tempat kerja.

Kita harus bisa bersikap profesional di tempat kerja. Ingat, apabila kita tidak memulaibermain api’, maka tidak akan ada yang ‘terbakar’.

Keluarga dan karier kita lebih pantas untuk dipertahankan, daripada hanya sekedar menuruti kesenangan pribadi yang semu bukan?

Reporter: Indah Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini