Liburan ke Hawaii? 10 Destinasi Wisata Ini Patut Kamu Kunjungi

Baca Juga

MATA INDONESIA, HONOLULU – Sejak dulu Hawaii telah menjadi destinasi wisata favorit yang wajib dikunjungi. Rasanya tidak afdal jika wisatawan asing yang datang ke Amerika Serikat tidak mengunjungi Hawaii.

Ya, kepulauan eksotis yang dikenal dengan tarian hula ini memang memiliki pesona alam yang mampu memikat dan memanjakan indera visual. Bahkan, ia juga disebut-sebut sebagai salah satu kepingan surga yang jatuh ke dunia, wow!

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke sini, seperti mencicipi kuliner lokal, mengunjungi taman nasional, bersantai di pantai, hingga berkeliling pulau menggunakan berbagai moda transportasi seperti kapal pesiar, mobil, maupun kereta api.

Penasaran apa saja destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Hawaii?

  1. Polynesian Cultural Center
Polynesian Cultural Center Hawaii
Polynesian Cultural Center Hawaii

Sepertinya destinasi wisata yang satu ini adalah destinasi yang paling utama. Tentu saja alasannya karena berwisata tidak akan terasa lengkap jika tidak mengetahui sejarah dari destinasi wisata tersebut.

Berlokasi di Laie, sebelah utara pantai Oahu, destinasi wisata ini memiliki wilayah seluas 17 hektare dengan delapan desa tropis dalam bentuk simulasi.

Para wisatawan yang datang ke sini dapat melihat kebudayaan Hawaii yang masih kental. Biasanya pengunjung akan mendapat sambutan musik dan berbagai seni pertunjukkan yang banyak memuat kebudayaan. Tak hanya itu, di Polynesian Cultural Center wisatawan juga dapat mengikuti tur antar-jemput gratis ke universitas yang ada di sini hingga melihat Kuil Laie Hawaii.

  1. Pulau Oahu
Pulau Oahu Hawaii
Pulau Oahu Hawaii

Menjadi pulau terbesar ketiga di Kepulauan Hawaii. Pulau ini menjadi pulau dengan populasi penduduk terbanyak, yakni sekitar 2/3 populasi di Kepulauan Hawaii.

Ya, dengan kata lain, pulau Oahu menjadi pulau tempat berkumpulnya orang-orang Hawaii. Di sinilah para peselancar dari berbagai belahan dunia datang untuk menaklukkan ombak yang tinggi dan besar. Oleh karenanya destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk wisatawan yang yang ingin menguji adrenalin mereka. Biasanya, peselancar profesional akan datang ke kompetisi Vans Triple Crown of Surfing.

Pantai Waikiki, salah satu pantai populer yang tak pernah sepi dari wisatawan juga ada di pulau ini. Biasanya para wisatawan datang ke sini untuk berjemur, berburu sunrise dan sunset, hingga berselancar.

Jika tak ingin berselancar, para wisatawan dapat melakukan snorkeling melihat indahnya kehidupan laut dengan karang warna-warni dan penyu lautnya. Di pantai Waikiki, wisatawan mendapat hiburan dengan pemutaran film melalui layar selebar 10 meter secara gratis. Istilahnya Sunset on the Beach.

Di pulau inilah ibu kota Hawaii berada, yakni Honolulu. Bahkan pelabuhan ikonik yang selalu ada dalam mata pelajaran di sekolah, Pearl Harbor, juga terletak di pulau ini.

  1. Hana Road

Terletak di antara bukit dengan tanaman hijau dan Samudera Pasifik. Hana Road adalah sebuah jalan di Pulau Maui, yang memiliki 59 jembatan dengan 620 belokan.

Untuk menikmati sejuknya udara di sini, para wisatawan menggunakan mobil dengan atap terbuka ketika mengelilingi jalanan ini. Selama di Hana Road, wisatawan juga dapat mampir di beberapa tempat wisata menarik seperti Waianapanapa State Park untuk menikmati pasir cokelat kehitaman di pantainya. Kemudian dapat juga berenang di Puaa Kaa State Wayside Park, hingga menyaksikan kuil Piilanihale, kuil terbesar di Hawaii yang berada di Kahanu Garden.

  1. Pulau Molokini

Pulau yang satu ini memiliki air yang sangat jernih bagaikan kristal. Adapun luasnya sendiri mencapai 80 – 200 kaki, dan menjadi tempat snorkeling ataupun diving paling populer di Hawaii.

Jika diving, para wisatawan dapat melihat pesona bawah laut yang masih terjaga kelestariannya, dengan 250 spesies ikan. Pulau ini memiliki bentuk yang menyerupai bulan sabit. Fungsinya, adalah untuk melindungi penyelam dari gelombang arus yang besar dan kuat.

Pada pagi hari, cuaca dan angin di sini relatif tenang. Karena itulah banyak kapal-kapal kecil yang memenuhi pulau ini di pagi hari. Namun jika sudah siang atau sore, angin akan semakin kencang dan gelombang laut pun semakin besar. Dan sangat berisiko bagi kapal-kapal kecil.

  1. Kota Hilo

Berada di pantai kota ini memiliki beberapa destinasi wisata menarik seperti museum, teater klasik, pertokoan di pusat kota, hingga lapangan golf. Meskipun kecil, pusat kota Hilo ini adalah kota terpadat di Hawaii karena memiliki banyak destinasi wisata. Jika berkunjung ke sini, pastikan kamu mengunjungi Kamahameda Road, karena di sana banyak sekali toko-toko lokal.

Hilo juga menjadi kota yang sarat akan budaya. Ini tercermin dari banyaknya galeri kesenian seperti galeri kayu, galeri lukisan, hingga galeri kaca.

  1. Hawaii Volcanoes National Park

Tak hanya pulau, Taman Nasional Gunung Api Hawaii juga menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Di sini ada dua gunung berapi paling aktif di Hawaii, yakni Gunung Api Kilaulea dan Gunung Api Mauna Loa.

Mauna Loa menjadi gunung api terbesar di dunia. Dan saat meletus, Mauna Loa dan Kilaulea menghasilkan pancuran api dan Sungai Lava Molden. Gunung-gunung yang ada di Taman Nasional Gunung Api Hawaii ini mampu menghasilkan 70 juta tahun vulkanisme, migrasi dan evolusi di Hawaii.

Adapun tujuannya adalah untuk melestarikan alam dan makhluk hidup asli di dalamnya. Kegiatan wisatawan di sini adalah fotografi dan climbing.

  1. Haleakala National park

Berlokasi di pulau Maui, Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 13.462 hektar. Tempat ini menjadi tempat menarik karena ada Hosmer’s Grove, hutan unik yang berisi pepohonan langka.

Selain itu, di sini wisatawan juga dapat mengunjungi Seven Sacred Pools atau Ohe’o Gulch yang merupakan wisata air terjun Waimoku dengan air yang sangat segar.

Air terjun Waimoku juga terbilang unik karena jatuh dari ketinggian 120 meter ke lereng gunung. Tak hanya menyaksikan panorama yang memanjakan mata, wisatawan juga mendapatkan pengetahuan dengan mempelajari budaya Hawaii ketika berkunjung ke Distrik Kipahulu di Taman Nasional ini.

  1. Waimea Canyon

Canyon ini memiliki lebar 1 mil, panjang lebih dari 100 mil, dan kedalaman yang mencapai 3.600 kaki. Pemandangan di canyon ini tak usah diragukan lagi. Sungguh indah, dengan perpaduan warna hijau dan coklat dari tebing-tebingnya yang menyejukkan mata.

Objek wisata ini cocok bagi wisatawan yang ingin menjernihkan pikiran dan melepas penat. Meski tak setua Arizona, namun wisatawan yang berkunjung ke sini dapat melihat keajaiban geologi yang ada di Hawaii.

Beragam pemandangan mulai dari buttes jambul, tebing yang terjal namun penuh dengan pemandangan hijau, serta jurang dan lembah yang curam, siap memanjakan mata.

Untuk mencapai obyek wisata ini, wisatawan dapat memilih dua opsi. Yakni dengan berkendara atau hiking. Jika ingin hiking, wisatawan dapat melalui jalur Kukui. Melewati jalur ini, wisatawan akan melewati pepohonan di Perkemahan Wiliwili yang letaknya bersebelahan dengan hutan hujan Puu Ka Pele dan Sungai Waimena.

Kemudian, jika ingin berkemah, pastikan cuaca dalam keadaan baik agar tidak terdampak banjir dari Sungai Waimena yang dapat meluap sewaktu-waktu.

  1. Ialoni Palace

Istana ini adalah kediaman raja Kalakaua yang berlokasi di Pulau Oahu. Bangunannya terkesan mengejutkan, modern, dan kosmopolitan dengan gaya American Florentine yang terdiri dari empat lantai dan 102 kamar. Adapun bangunannya baru selesai pada tahun 1882.

Wisatawan juga dapat mengikuti tur istana untuk mengetahui sejarah kebangkitan dan kejatuhan monarki. Pemandu tur di sana juga akan menjelaskan secara detail tiap-tiap ruangan yang ada di istana.

Di sini ada pula ruang galeri bawah tanah yang berisi kumpulan foto-foto bersejarah dan tempat untuk menyimpan perhiasan kerajaan.

  1. Helena’s Hawaiian Food

Tidak melulu mengunjungi destinasi alam, cobalah untuk mengunjungi restoran makanan lokal Hawaii, seperti Helena’s Hawaiian Food, yang terletak di pulau Oahu, sebelah barat Honolulu

Restoran ini sudah ada sejak tahun 1946. Dan telah mendapatkan James Beard Award. Saat ini pengelola Helena’s Hawaiian Food sudah generasi ketiga. Meski begitu, hingga kini restoran ini masih tetap ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan kuliner lokal Hawaii. Adapun menu-menu di sini adalah fried butterfish collars, luau squid, hingga kalua pig.

Dan yang menjadi menu terfavorit adalalah pipi kaula short ribs, makanan yang kenampakannya seperti perpaduan steak dan dendeng.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini