‘Kelas Kehidupan’ untuk Anak SD yang Kontroversial di Jepang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JEPANG – Metode mengajar yang diterapkan di sebuah sekolah di Jepang mendadak menjadi perhatian. Pasalnya, sekolah meminta siswa merawat dan memberi nama pada ikan yang akan disantap.

Di Jepang ada yang namanya ‘Kelas Kehidupan’. Ini adalah program kontroversial yang diperkenalkan di berbagai sekolah menengah Jepang di mana siswa menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memelihara dan melekat pada ikan, sebelum harus memutuskan apakah akan memakannya atau tidak.

Sebagai bagian dari Proyek Laut dan Jepang yang disponsori oleh Nippon Foundation, ‘Kelas Kehidupan’ diperkenalkan di sejumlah sekolah di seluruh Jepang pada tahun 2019. Progarm ini memliliki tujuan mengajar siswa muda tentang pekerjaan yang masuk ke akuakultur berbasis darat yang mengajarkan pentingnya kehidupan.

Dilansir dari OddityCentreal pada Selasa 27 Juli 2021, siswa di kelas 4 hingga 6 dipercayakan dengan sejumlah ikan kecil dan ditugaskan untuk membesarkannya hingga dewasa setidaknya selama enam bulan hingga satu tahun. Aspek kontroversial dari program ini adalah bahwa pada akhirnya, para siswa harus memutuskan nasib ikan, apakah akan melepaskan atau memakannya.

Pada 21 Juli 2021 lalu, jaringan TV Jepang FNN Original Prime Time menyiarkan segmen ‘Kelas Kehidupan’ di sebuah sekolah menengah di Kota Hamamatsu, Shizuoka, di mana para siswa dipercayakan untuk merawat beberapa ikan pipih muda. Guru memberi tahu siswa bahwa mereka perlu menjadi “ayah dan ibu” dari ikan selama delapan bulan ke depan, dimulai pada bulan Oktober 2020.

Artinya, para siswa harus memberi makan dan memantau mereka dan air tempat mereka tinggal. Selama 8 bulan, sebagian besar anak-anak menjadi dekat dengan ikan, bahkan ada yang menamai mereka dan memperlakukan mereka sebagai hewan peliharaan kesayangan.

“Lebih mudah mengingatnya dengan nama,” kata salah satu siswa. “Mereka seperti teman sejati.”

Jika beberapa atau semua ikan mati, mereka diberi yang baru dan anak-anak harus belajar dari kesalahan mereka untuk membesarkan mereka hingga dewasa. Setiap kesalahan dianggap sebagai bagian dari proses pembelajaran.

Tapi melihat ikan mati karena kesalahannya bisa jadi sulit diatasi oleh anak-anak, itu tidak seberapa dibandingkan dengan keputusan yang harus mereka ambil di akhir program.

Dua minggu sebelum ‘Kelas Kehidupan’ berakhir, anak-anak di sekolah Hamamatsu yang ditampilkan di FNN diberi tahu oleh guru mereka bahwa mereka perlu memutuskan apakah mereka ingin memakan ikan itu atau melepaskannya kembali ke laut yang kemungkinannya dijaring orang lain atau dimakan ikan lain. Saat tenggat waktu semakin dekat, anak-anak berdebat tentang pendekatan yang benar.

“Saya pikir lebih baik memakannya dan mengetahui nilai kehidupan,” kata seorang siswa.

“Saya pikir lebih baik membiarkan mereka berenang ke lautan luas daripada memakannya,” balas yang lain.

Pada hari penentuan, ketegangan cukup tinggi, ketika guru meminta acungan tangan untuk makan ikan, 11 anak mengangkat tangan. Dengan hanya 6 siswa yang memilih ikan untuk dilepaskan, seorang koki didatangkan untuk mengubah Michael dan ikan pipih lainnya menjadi sashimi untuk anak-anak yang memilih untuk memakannya.

Pada akhirnya, beberapa anak yang memilih untuk makan ikan bahkan tidak bisa menggigit, tetapi perilaku seperti itu dianggap normal. Meskipun tampaknya kejam, program dan keputusan yang harus dibuat anak-anak seharusnya membantu mereka tumbuh dewasa dan memahami pentingnya kehidupan.

Menariknya, ini bukan satu-satunya program sejenis di Jepang. Beberapa tahun yang lalu, di Sekolah Tinggi Pertanian dan Kehutanan Izumo, di Izumo, siswa harus menetaskan telur menjadi anak ayam, membesarkannya dan kemudian memakannya. Ini dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan apresiasi baru terhadap kehidupan dan makanan yang mereka konsumsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini