Jangan Anggap Sepele, Ini Cara Aman Membuka Pintu Mobil

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat berkendara, keselamatan di jalan menjadi tanggung jawab bersama. Contoh sederhana dan tidak boleh dianggap sepele adalah cara membuka pintu mobil yang aman, mengingat di jalan banyak motor atau kendaraan lainnya.

Terutama jika kita hidup di perkotaan, di mana lebih banyak orang menggunakan jalan dan beberapa di antaranya berkendara dengan kurang hati-hati dan berpotensi membahayakan nyawa orang lain.

Dan juga telah menjadi kebiasaan, saat duduk di kursi kiri membuka pintu kiri dengan tangan kiri, karena tentu saja ini lebih mudah. Namun, di Belanda banyak pengendara mobil maupun penumpangnya yang berada di sebelah kiri akan membuka pintu mobil dengan tangan kanan. Mengapa begitu? Yuk simak mengapa kita harus membuka pintu mobil dengan tangan kiri.

Peristiwa kecelakaan

Dalam studi tahun 2011, di Chicago, Amerika Serikat (AS) ditemukan satu hari satu orang pengendara sepeda terkena kecelakaan pintu mobil yang terbuka. Dan taksi di kota New York telah terpasang 13 ribu stiker yang menginformasikan agar berhati-hati saat membuka pintu kiri mobil. Di Chicago terbukti berkurang atas kejadian kecelakaan tersebut setelah kampanye membuka pintu kiri dengan tangan kanan.

Jika di Jakarta, kondisinya ramai akan pengendara sepeda motor. Penumpang mobil terutama yang berada di jok sebelah kiri juga harus berhati-hati pada pengendara motor yang ramai melintas di jalan, dan cara “Go Dutch” ini bisa diaplikasikan agar terhindar dari kecelakaan yang membahayakan pengguna jalan lain.

Cara yang digaungkan oleh DutchReach.org, yaitu advokasi gerakan “Reach, Swivel, Look, Open” atau mudahnya disebut “Go Dutch” mempelopori cara aman ketika Anda turun dari mobil (terutama saat duduk di jok sebelah kiri)

Cara Go Dutch Reach

Nah, selain langkah pencegahan yang dilakukan New York, ada satu cara sederhana yang membuat kita dapat memastikan keamanan para pesepeda. Yaitu, dengan membuka pintu mobil dengan tangan yang tidak bersebelahan dengan handel pintu.

Tips ini datang dari Belanda, karena itulah cara ini disebut dengan nama “Dutch Reach.” Cara melakukannya sederhana Ketika tangan kanan Anda membuka pintu mobil sebelah kiri, seketika itu juga badan Anda akan memaksa tubuh bagian atas untuk berputar dan melihat bagian belakang mobil. Ini bisa menyelamatkan pengendara lain juga diri Anda sendiri.

Lantaran di Indonesia pengemudi duduknya di sebelah kanan dan melaju di sebelah kiri ruas jalan, maka kebiasaan yang bisa ditiru adalah membuka handle pintu menggunaan tangan kiri. Tentunya jangan lupa untuk selalu menoleh ke belakang sebelum membuka pintu mobil.

Namun, di negara yang kursi pengemudinya berada di sebelah kiri, kita harus melakukan hal sebaliknya, yaitu membuka pintu mobil dengan tangan kanan. Untuk penumpang berlaku hal yang sama. Gunakan tangan yang jauh dari handel pintu untuk membukanya agar kita secara otomatis memutar tubuh dan melihat ke belakang.

Tentunya, kebiasaan ini membutuhkan waktu untuk diadaptasi. Jadi, DutchReach.org, sebuah situs yang bertujuan untuk membuat gerakan meraih handle pintu ke arah berlawanan menjadi sebuah kebiasaan.

 

Reporter : Syifa Ayuni Qotrunnada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini