Jalanan Depan KBRI Ankara Turki Diberi Nama Soekarno

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Soekarno sering diabadikan sebagai nama sebuah jalan. Salah satunya Maroko. Negara di Afrika Utara itu memberikan nama Rue Soukarno atau Avenue Soekarno.

Kali ini Pemerintah Turki memberikan nama Soekarno sebagai nama jalan di depan kantor Kedutaan Besar RI atau KBRI Ankara. ”Pemerintah Turki telah menganugerahkan nama jalan di depan kantor KBRI Ankara yang baru dengan nama Jalan Ahmed Soekarno,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa malam, 12 Oktober 2021.

Mesir juga mennggunakan nama Soekarno sebagai nama jalan yang diberi nama Ahmed Soekarno Street. Jalan tersebut terletak di ibu kota Mesir, Kairo.

Selain Soekarno, nama Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta juga dijadikan nama jalan di luar negeri. Salah satu jalan di Harleem, Belanda, dinamakan Mohammad Hattastraat. Nama RA Kartini juga digunakan sebagai nama jalan di Belanda. Bahkan, terdapat 4 jalan dengan nama Kartini di negara tersebut. Di antaranya, Raden Adjeng Kartinistraat di Amsterdam; Kartinistraaat di Haarlem; serta jalan Kartini di Utrecht dan Venlo.

Mantan Perdana Menteri Sutan Sjahrir, juga diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri. Yakni jalan Sjahrirstraat di Leiden, Belanda. Kemudian, Sjarirsingel di Gouda dan Sutan Sjarirstraat di Haarlem. Tahun lalu, nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diresmikan sebagai nama jalan yaitu President Joko Widodo St (Street) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini