Ini 7 Peretas Indonesia yang Terkenal di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada masa sekarang, para peretas alias Hacker sudah berkembang pesat. Aksi-aksinya disebut membuat pihak yang terdampak kewalahan dalam melakukan backup database. Tidak hanya luar negeri, dalam negeri seperti Indonesia juga punya beberapa hacker yang bikin heboh dunia

Peretasan dilakukan karena berbagai sumber, seperti perlawanan terhadap pemerintah sampai menguntungkan bagi kedua pihak. Berikut para peretas dari Indonesia yang aksinya dikenal masyarakat dunia.

Jim Geovedi

Dirinya tidak ingin disebut sebagai peretas, padahal dunia dihebohkan dengan aksinya yang mampu menggeser dan merubah dua satelit Indonesia dan Cina. Kemampuannya dalam mengendalikan pergerakan satelit dianugerahi oleh media Jerman, Deutsche Welle sebagai peretas yang mengendalikan dengan otaknya tanpa gelar akademik. Sekarang konsultan TI asal Bandar Lampung ini tinggal dan menetap di Inggris.

Hmei7

Dalam 2 hari saja, hacker yang belum jelas identitasnya ini dapat meretas 5000 website sehingga dirinya disebut sebagai Mass Defacer. Tujuan paling utama dalam peretasannya adalah mengubah tampilan file dan mengganti server sesuai keinginannya. Pada 2001, Hmei7 mengacak-acak situs WordPress.

Disebut, Softpedia berhasil mewawancarai sosok Hmei7, namun ternyata bukan. Sebuah blog dengan situs bernama hmei7.blogspot.com bisa dijadikan bukti keberadaan sosok Hmei7, namun situs tersebut masih belum bisa jadi bukti yang benar. Diketahui lebih lanjut, sosok Hmei7 berhasil diungkap, ia adalah seorang alumni mahasiswa di salah satu Universitas Negeri di Malang, Jawa Timur. Meski berhasil, kurangnya data menjadikan hal tersebut masih simpang siur hingga sekarang.

Pak Made

Sebagai seorang hacker, dijadikan sebuah pekerjaan oleh pria bali bernama lengkap I Made Wiryana. Di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Made bertugas melakukan pengelolaan situs dan server kepresidenan. Aksi lainnya pernah membackup data kepresidenan dalam beberapa detik yang sebelumnya diserang oleh DDos.

Bersama dengan rekannya, Rusmanto, keduanya lulusan Universitas Indonesia merupakan pelopor penggunaan Linux di Indonesia.

Bio666x

Di umurnya yang masih muda, 19 tahun, Yogi Nugraha yang merupakan nama asli Bio666x dapat meretas internet milik Malaysia dan Singapura. Akibatnya, data militer negara tersebut menjadi korban.

E5a_Cyb3r

Uniknya, saat berhasil meretas website KPU, hacker ini meninggalkan jejak berupa alamat email, Facebook dan Twitter di situs pemerintah tersebut. Entah karena sombong atau bodoh, dengan jelas ia memperlihatkan nama dan identitas pribadinya. Dengan nama asli Erza Julian ini berhasil membuat admin website KPU kewalahan menghadapinya. Padahal umurnya masih sangat muda untuk menjadi seorang hacker hebat.

Xnuxer

Dirinya digelari sebagai salah satu peretas terbaik Tanah air. Aksinya yang memukau dengan meretas masuk ke website KPU dan mengganti nama peserta pemilu menjadi buah-buahan di 24 partai. Aksi yang dilakukannya pada 24 April 2004 ini diketahui oleh Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Hacker tersebut didakwa telah melakukan pengerusakan server KPU. Dirinya mengaku hanya ingin menguji seberapa kuat pertahanan server kpu yang sebelumnya sudah dicoba berkali-kali menggunakan XSS (Cross Site Scripting) dan SQL Injection. Awalnya ia dianggap memiliki muatan politis namun bukti yang tidak valid hanya berdasar menguji ketahanan, pihak kepolisian menghadiahkannya penjara selama beberapa bulan.

XsvsHacker

Aksi peretasannya benar-benar menghebohkan dunia dan dikenal. Bagaimana tidak, dari tahun 2011 hingga sekarang sosoknya masih terus dicari Biro Investigasi Federal (FBI). Diketahui pada 2011, dirinya berhasil meretas Departemen Kepolisian New York (NYPD), situs kepresidenan Israel dan server game Synga.

Meski sudah diungkap pemilik nama XsvsHacker tersebut dengan nama Sandy Afrian, kurangnya data lagi-lagi menjadi perdebatan mengenai sososk hacker tersebut.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini