MATA INDONESIA, JAKARTA– Dalam dunia penerbangan Indonesia kembali berduka dengan jatuhnya Sriwajaya Air SJ-182.

Peristiwa itu terjadi setelah AirlineRating.com merilis daftar penerbangan paling aman di dunia. Kini, Industri penerbangan mengalami penurunan yang sangat drastis. Dunia penerbangan menawarkan berbagai macam maskapai dalam industrinya. Sebagian besar maskapai penerbangan di seluruh dunia memastikan penumpangnya agar selamat sampai tujuannya. Keselamatan penerbangan salah satu hal yang diharapkan dan dikhawatirkan saat berpergian.

Semua orang pastinya ingin mendarat dengan sempurna dari perjalanan ini. Perusahaan maskapai penerbangan, pastinya memiliki standar keamanannya masing-masing, demi mencegahnya berbagai insiden yang tak diinginkan. Dapat dikatakan pesawat adalah moda transportasi dengan keamanan yang paling tinggi. Tetapi saat terjadi kecelakaan pesawat akibatnya sangat fatal dan memakan jumlah korban yang besar. Berikut, maskapai penerbangan yang paling aman di dunia, yang dilansir dari berbagai sumber antara lain:

Pertama, Qantas. Maskapai penerbangan Australia, Qantas dinobatkan sebagai maskapai teraman di dunia secara berturut-turut. Qantas bukan pertama kalinya memenangkan penghargaan sebagai maskapai teraman. Dalam sejarahnya, selama 99 tahun, Qantas benar-benar luar biasa dalam hal pengoperasian dan keselamatan pertama yang paling berpengalaman dalam industri ini. Maskapai ini telah menjadi pemimpin dalam pengembangan Sistem Navigasi Udara Masa Depan: perekaman data untuk memantau kinerja pesawat, pendaratan otomatis dengan Sistem Satelit Navigasi Global dan pendekatan presisi di sekitar pegunungan menggunakan RNP. Seluruh armadanya menggunakan komunikasi setelit guna mendeteksi masalah.

Kedua, Air New Zealand. Maskapai penerbangan asal Selandia Baru telah pulih usai masalah keuangan di tahun 2000-an. Dalam AirlineRating maskapai ini dinobatkan sebagai maskapai teraman di dunia. Dalam beberapa dekade terakhir, Air New Zealand tak mengalami kecelakaan yang signitif.

Ketiga, Singapore Airlines. Layanan yang diberikan maskapai ini telah dipuji oleh berbagai kalangan. Singapore Airline beroperasi sangat efisien dan telah dinobatkan sebagai maskapai terbaik serta teraman di dunia. Meskipun tak diperingkat atas, namun penerbangan ini mendapatkan berbagai penghargaan atas kualitas layanannya.

Keempat, Emirates. Emirates merupakan maskapai penerbangan yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab. Maskapai ini berkembang pesat di tahun 2000-an di saat pesawat lain sedang berjuang melawan kebangkrutan. Emirates dinobatkan sebagai maskapai penerbangan teraman di dunia. Dalam masa pandemi Covid-19 Emirates menerapkan keselamatan dan protokol kesehatan yang ketat. Untuk pelayanan maskapai ini sangat terkenal dan elit serta memiliki catatan keamanan yang luar biasa. Pesawat ini hanya mengalami satu insiden dalam sejarahnya.

Kelima, British Airways. Maskapai yang berpusat di Bandara London Heathrow dan Gatwick, London serta beberapa pusat lainnya masuk ke dalam industri penerbangan teraman di dunia. Selama beberapa dekade maskapai ini belum mengalami kecelakaan yang fatal. Sempat menghilang dalam dunia penerbangan teraman di dunia, namun mereka membuat gebrakan yang baru dan fenomenal. Dengan menambah armada pesawat dan sejumlah destinasi.

Melansir dari AirlineRating.com, sejumlah maskapai penerbangan ini menonjol di industri dan berada di garis depan dalam keselamatan, inovasi, dan peluncuran pesawat baru.

AirlineRating.com, merilis 405 maskapai penerbangan teraman yang dipantau oleh keselamatan penerbangan dunia. Adapun dua puluh maskapai teraman di tahun 2020. Qantas, Air New Zealand, EVA Air, Etihad, Qatar Airways, Singapore Airlines, Emirates, Alaska Airlines, Cathay Pacific Airways, Virgin Australia, Hawaiian Airlines, Virgin Atlantic Airlines, TAP Portugal, SAS, Royal Jordanian, Swiss, Finnair, Lufthansa, Aer Lingus, dan KLM.”

Reporter: Azizah Putri Octavina

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here