MATA INDONESIA, JAKARTA – Keterkenalan seniman tentunya tidak jauh dari kehidupannya atau karya-karyanya. Andy Warhol adalah seniman pop art yang menjadi legenda.

Karya-karyanya diciptakan berdasar dari apa yang disukai orang-orang di dunia. Saat itu orang-orang sangat menyukai barang-barang komersial. Hal tersebut mendorong Andy untuk membuat lukisan menyerupai barang-barang komersial tersebut.

Beberapa karyanya bahkan ada yang mendunia sampai sekarang. Berikut karya-karya Andy Warhol yang terkenal.

Kaleng Sup Campbell

Karya pertama yang dibuat Andy dan melambungkan namanya ini diperkenalkan pada tahun 1962. Hingga sampai 2016 lalu, karya kaleng sup ini hilang dicuri di Museum Seni Missouri, Amerika Serikat dan merugikan pihak museum sebesar 6,5 miliyar.

Andy memilih untuk melukis kaleng sup berdasar dari ide seorang teman yang menyarankan untuk membuat lukisan yang setiap harinya selalu Andy lihat dan banyak yang disukai orang-orang.

Kursi Elektrik

Dulu Andy sempat suka dengan film, tema Horor menjadi pilihan Andy kala menonton film. Menurutnya, berbagai jenis kegelapan di dalam sebuah film horor seolah-olah seperti sedang meneror dan menakuti kita semua. Karyanya ini pun muncul setelah Andy menonton sebuah film yang dimana kursi tersebut digunakan oleh Julius dan Ethel Rosenberg, yang dieksekusi di penjara New York setelah dihukum karena memata-matai Amerika untuk Uni Soviet.

13 Pria Paling Dicari

Karya ini sempat dikecam karena memiliki arti yang ganda, mengacu pada hasrat homoseksual, dengan foto-foto yang menampilkan banyak pria saling memandang. Karya tersebut juga tidak disukai oleh gubernur John D.Rockefeller karena dinilai  7 dari 13 orang di karya tersebut merupakan orang Italia yang nantinya akan diasingkan.

Awan Perak

Karya Awan Perak ini menjadi akhir dari karier Andy Warhol sebagai pelukis di 1965. Karyanya ini unik, beberapa bantal diisi gas bisa melayang tanpa naik terlalu tinggi atau jatuh terlalu rendah. karya ini dibuat bersama Billy Kluver. Awan Perak menjadi Andy yang terkenal dan kontroversial.

Delapan Elvis

Lukisan ini memiliki sebuah gerakan, yang memberikan kualitas sinema dalam lukisan. Lukisan ini merupakan salah satu dari 22 karya Warhol yang didedikasikan untuk Elvis Presley.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here