Tsunami Aceh

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sepanjang sejarah, tsunami selalu menjadi bencana paling ditakuti di dunia. Dengan kekuatan besar, tsunami mampu meluluhlantahkan suatu wilayah hanya dalam waktu singkat.

Kabarnya, akan ada tsunami besar di pulau Jawa hingga mencapai 20 meter dalam waktu dekat ini.

Tetapi, tahukah Anda sebelumnya pernah terjadi tsunami terbesar di dunia?

1. Tsunami Kreta 365 SM

Tsunami Kreta terjadi akibat adanya gempa bawah laut berkekuatan 8 SR pada 21 Juli 365 SM yang terjadi di Li Mesir, Palestina, Siprus, Sisilia serta Kepulauan Yunani. Dalam kejadian ini, estimasi korban jiwa mencapai sekitar 300 hingga 500 ribu orang.

2. Tsunami Aceh Tahun 2004

Pada tahun 2004, tepatnya 26 Desember terjadi gempa berkekuatan 9,1 SR yang mengguncang wilayah barat Sumatera di kedalaman 30 kilometer yang menyebabkan tsunami besar. Akibat dari gempa tersebut, menimbulkan gelombang tsunami setinggi 50 meter yang mencapai daratan Meulaboh, Aceh.

Tsunami ini salah satu tsunami terbesar yang pernah terjadi di dunia hingga hampir seribu alat ukur pasang laut melaporkan adanya gelombang tinggi. Kejadian ini mencatat sekitar 230 ribu korban jiwa. Tsunami Aceh paling banyak memakan korban dibandingkan dengan tsunami lain yang pernah terjadi di dunia.

3. Tsunami Genroku Tahun 1703

Tsunami Genroku terjadi pada 31 Desember 1703 dengan gempa bumi dahsyat di wilayah Kanto Selatan, Jepang di Era Genroku. Gempa ini memicu terjadinya gelombang tsunami yang besar. Tsunami hebat ini berdampak pada sekitar 400 kilometer garis pantai. Menurut data, diperkiran fenomena tsunami ini menyebabkan kematian hingga 200 ribu korban jiwa.

4. Tsunami Lisbon Tahun 1755

Tsunami di Lisbon terjadi karena adanya gempa berkekuatan 8,5 SR pada 1 November 1755. Gempa yang terjadi menimbulkann tiga pasang gelombang tinggi yang menghantam sejumlah kota pesisir barat Portugal serta sebelah utara Spanyol. Dalam kejadian ini, sekitar 70 ribu orang menjadi korban jiwa. Tsunami yang terjadi sudah lama ini menjadi sejarah tsunami terbesar yang pernah terjadi di dunia.

5. Tsunami Krakatau Tahun 1883

Tsunami Krakatau merupakan sejarah dunia. Bencana tersebut adalah letusan Gunung Krakatau yang berakibat tsunami besar. Tsunami itu terjadi pada Minggu, 26 Agustus 1883, pukul 12.53 Waktu Indonesia. Pada hari itu letusan permulaan menyemburkan awan gas yang bercampur material vulkanik setinggi 24 kilometer diatas Gunung Perboewatan.

Tercatat suara ledakan dan gemuruh letusan Krakatau itu terdengar sampai radius lebih dari 4.600 km hingga terdengar sepanjang Samudra Hindia, dari Pulau Rodriguez dan Sri Lanka di barat hingga ke Australia Timur. Akibat ledakan itu gelombang besar tsunami terjadi. Disebutkan bahwa gelombang ombak setinggi 37 meter menghancurkan Kota Anyer dan Merak. Dari kejadian ini, diperkirakan sebanyak 40 ribu orang menjadi korban jiwa.

6. Tsunami Tohoku 2011

Tsunami Tohoku ini terjadi pada 11 Maret 2011 di Jepang. Gempa sebesar 9.1 SR mengguncang kawasan Tohoku dan menimbulkan tsunami sehingga berujung kerusakan parah. Gempa ini mencapai ketinggian gelombang permukaan laut setinggi 40 meter. Gempa terjadi pukul 02.46 siang waktu setempat. Pusat gempa terletak di 130 kilometer timur Kota Sendai, prefektur Miyagi dengan kedalaman 30 km di bawah Samudra Pasifik.

Gempa ini menjadi gempa terdahsyat dalam sejarah Negeri Sakura hingga menyebabkan tsunami besar. Tsunami ini menyebabkan 120 ribu unit bangunan hancur dan ribuan nyawa hilang. Selain itu tsunami Tohoku menyebabkan kegagalan di PLTN Fukushima Daici yang berujung kebocoran bahan radioaktif.

7. Tsunami Arica Tahun 1868

Pada tahun 1868 telah terjadi gempa di dekat Arica, Peru. Gempa ini berkekuatan 8.5 hingga 9.0 SR di daerah sekitar Samudra Pasifik. Besarnya gelombang permukaan laut di Arica ini memicu tsunami hingga mencapai ketinggian gelombang 14 meter dan menghancurkan banyak kapal di pelabuhan. Tercatat sebanyak lebih dari 25 ribu orang menjadi korban jiwa.

Reporter: Reygitha

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here