Bunda Wajib Tau, Ini Deretan Jamu yang Aman Diminum Anak
Ilustrasi anak minum jamu (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia, yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti bagian tumbuhan akar, daun, kulit, atau buah dan lainnya. Jamu dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai sumber multivitamin bagi tubuh.

Memang ada beberapa jenis jamu yang rasanya pahit, namun tetap aman diminum oleh semua golongan umur, termasuk anak yang berusia lebih dari 4 tahun.

Berikut jenis jamu yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat bagi anak :

1. Jamu Kunyit Asam
Jamu ini terbuat dari bahan dasar kunyit dan campuran asam jawa, maka tak heran warna dan rasanya sesuai dengan bahanya. Jamu kunyit asam biasa dikenal sebagai minuman untuk meredakan nyeri haid bagi perempuan. Selain itu jamu warna kuning pekat ini juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Kunyit asam juga memiliki khasiat untuk meningkatkan antioksidan dan kekebalan tubuh anak serta membantu menyembuhkan anak yang terkena diare. Dengan memberikan 2 kali sehari jamu kunyit asam.

2. Jamu Jahe
Jamu berikutnya yang bisa dikonsumsi oleh anak adalah jahe. Minuman jahe ampuh untuk menghangatkan badan sang buah hati yang sedang masuk angin. Selain itu, kandungan vitamin pada jahe juga membantu meningkatkan stamina anak lebih kuat dan fit.

3. Jamu Beras Kencur
Selanjutnya ada beras kencur, minuman ini memiliki warna putih pucat karena terbuat dari campuran bahan dasar kencur dan beras. Jamu yang memiliki wangi khas kencur ini memiliki manfaat sebagai obat alami untuk meredakan batuk berdahak. Selain itu, bermanfaat baik untuk pertumbuhan sang anak. Serta manfaat yang sama seperti jamu temulawak yaitu sebagai peambah nafsu makan.

Karena rasanya yang terasa pahit, kalian bisa tambahkan bahan lainnya seperti madu atau gula merah dan sedikit jeruk nipis. Agar rasanya lebih enak ketika dikonsumsi oleh anak.

4. Jamu Temulawak
Jamu selanjutnya ialah temulawak. Jamu ini memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan sang anak. Maka tak heran jamu ini dikenal sebagai solusi bagi Ibu yang memiliki anak yang susah makan.

Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi pusing, mual dan masuk angin jika diminum secara rutin. Selain itu, minum jamu temulawak ini juga membantu melancarkan Buang Air Kecil (BAK) pada anak.

Temulawak diketahui memiliki rasa yang pahit, namun kalian bisa mencampurkan bahan lainnya seperti gula aren, asam jawa, dan pandan sesuai selera.

5. Jamu Kudu Laos
Sebutan Jamu kudu laos memang masih sedikit dikenal oleh masyarakat. Namun, Jamu ini memiliki khasiat untuk meredakan demam dan mengatasi perut kembung pada anak. Bahkan minuman ini juga mampu menghangatkan badan sang anak.

Selain itu minuman jamu ini juga ampuh meghilangkan rasa pusing pada anak. Namun, tetap diperhatikan usia sang anak, berilah minuman ini pada anak usia sudah lebih dari 2 tahun

Reporter: Tara Saphira Kirana Hasannudin

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here