Belajar Finansial di Permainan Monopoli

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Monopoli, permainan papan real-estate untuk dua hingga delapan pemain, di mana tujuan pemain adalah untuk tetap mampu secara finansial sambil memaksa lawannya bangkrut dengan membeli dan mengembangkan properti.

Cara Bermain 

Setiap sisi papan persegi terbagi menjadi 10 persegi panjang kecil yang mewakili properti tertentu, seperti rel kereta api, utilitas, penjara, dan berbagai tempat dan acara lainnya. Pada awal permainan, setiap pemain mendapat sejumlah uang permainan yang tetap; para pemain kemudian bergerak di sekitar papan sesuai dengan lemparan sepasang dadu.

Setiap pemain yang mendarat di properti yang tidak dimiliki dapat membelinya, tetapi, jika dia mendarat di properti pemain lain, sewa harus dibayarkan kepada pemain itu. Kotak nonproperti tertentu mengharuskan pemain mendarat di atasnya untuk menggambar kartu yang mungkin menguntungkan atau tidak menguntungkan. Jika seorang pemain memperoleh monopoli—yaitu, semua kelompok properti tertentu—pemain tersebut dapat membeli peningkatan untuk properti tersebut; perbaikan menambah secara substansial biaya sewa properti.

Seorang pemain terus melakukan perjalanan di sekitar papan sampai dia bangkrut. Kebangkrutan menghasilkan eliminasi dari permainan. Pemain terakhir yang tersisa di papan adalah pemenangnya.

Sejarah 

Monopoli yang merupakan permainan papan mendapat paten secara pribadi. Dan menjadi  terlaris dalam sejarah. Permainan ini mendapatkan popularitas di Amerika Serikat selama “Depresi Hebat” ketika Charles B. Darrow, seorang insinyur yang menganggur, menjual konsep tersebut kepada Parker Brothers pada tahun 1935.

Sebelum itu, versi buatan sendiri dari permainan serupa telah beredar di banyak bagian Amerika Serikat. Sebagian besar berdasarkan pada The Landlord’s Game, permainan papan yang dirancang dan dipatenkan oleh Lizzie G. Magie pada tahun 1904.

Magie merevisi dan memperbarui paten pada permainannya pada tahun 1924. Khususnya, versi Magie berasal tidak melibatkan konsep monopoli; baginya, inti dari permainan ini adalah untuk menggambarkan potensi eksploitasi penyewa oleh tuan tanah yang rakus. Magie menggunakan The Landlord’s Game untuk mempromosikan “obat” dari eksploitasi semacam itu—yaitu, pajak tunggal atas pemilik properti, masalah sosial utama di antara mereka yang mengkritik spekulasi tanah sebagai penyebab ketidakadilan ekonomi.

The Landlord’s Game masih beredar di awal 1900-an sebagai permainan papan buatan tangan, dan variasi lain muncul yang menggabungkan monopoli properti. Di antara mereka yang mempromosikan versi ini adalah  Louis Brothers dan Fred Thun, yang membatalkan upaya paten mereka pada tahun 1931 ketika catatan paten Magie tahun 1904 terungkap, dan Dan Layman, yang menamai permainannya Finance tetapi, seperti Thuns, tidak mematenkannya.

Darrow menggunakan model sebelumnya, berhasil memasarkan versi Monopolinya ke pengecer di timur laut Amerika Serikat antara tahun 1933 dan 1934. Permintaan pun datang bertubi-tubi. Darrow memproduksi set game secara massal, tetapi butuh upaya berulang kali untuk meyakinkan Parker Brothers tentang game tersebut.

Setelah perusahaan memperoleh permainan dari Darrow, Parker Brothers mempromosikan Monopoli sebagai gagasan seorang insinyur yang tidak bekerja mencari sarana hiburan yang terjangkau selama masa kesulitan ekonomi. Tuntutan hukum dari orang lain yang mengklaim telah menemukan Monopoli akhirnya selesai oleh Parker Brothers.

Monopoli menjadi populer di banyak bagian dunia lainnya. Permainan ini kemudian menyebar dan terjadi modifikasi di masing-masing negara atau kota. Misalnya, jalan-jalan London dalam versi Inggris. Permainan monopoli juga telah mendapat lisensi dengan kota-kota Amerika Utara lainnya sebagai subyeknya (misalnya, Chicago); Landmark lokal yang menonjol dan tempat menarik biasanya menggantikan nama jalan sebagai properti.

Era Digital

Konsep asli Monopoli sebenarnya adalah adapatasi Charles Darrow pada awal 1930-an, yang pertama kali menciptakan nama ‘Monopoli’ untuk versi permainannya. Tak lama kemudian, perusahaan game terkenal Parker Brothers membeli paten masing-masing dari Darrow dan Magie. Parker mengubah game ikonik ini menjadi merek terkenal di dunia. Sekarang ada ratusan varian dan permainan spin-off, yang semuanya berdasarkan pada ide Monopoli asli.

Mengingat banyaknya variasi varian Monopoli yang ada sebelum era digital, sejak tahun 1991 ketika Hasbro mengakuisisi Parker Brothers dan semua merek game mereka, mudah untuk memahami mengapa game tersebut dengan mudah melakukan transisi online. Versi video game Monopoli sudah muncul di tahun 1990-an dan permainan online segera tren melalui internet. Sejak game mobile telah menjadi sangat populer, permainan Monopoli pun banyak tersedia di berbagai aplikasi dan website.

Kakek dari semua permainan papan ini juga mengikuti teknologi digital dan ritel terbaru saat ini – dalam hal ini, suara.  Salah satu versi terbaru dari Monopoli disebut “Monopoly Voice Banking.” Apa yang membuatnya menonjol dari versi sebelumnya adalah ia menghilangkan semua uang kertas Monopoli demi bankir yang diaktifkan suara di tengah papan yang melacak pemain, sebagai cerminan dari tren ritel yang tidak menggunakan uang tunai dan mengandalkan perangkat yang diaktifkan dengan suara.

Bankir Monopoli itu, yang bersifat elektronik dan netral, seharusnya juga mencegah kesalahan manusia dan mencegah pemain melakukan kecurangan. Tergantung pada preferensi pribadi dalam hal Monopoli, itu bisa menjadi hal yang baik atau negatif yang serius.

Monopoli baru ini tidak secanggih perangkat dengan suara aktif yang dijual oleh Amazon dan Google. Namun versi baru dari game klasik ini menunjukkan bagaimana board game secara umum mengikuti perkembangan zaman dan mencoba bertahan di era digital abad ke-21.

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini