Begini Perkembangan Game Konsol dari Masa ke Masa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video game bisa dikatakan sebagai salah satu karya paling revolusioner yang diciptakan oleh manusia. Bagi para pecinta video game tentu sudah tak asing lagi dengan konsol game seperti Nintendo dan PlayStation. Namun tak banyak orang yang tahu bagaimana perkembangan konsol game ini. Berikut ulasannya :

Generasi Pertama
Awal mulanya adalah konsol game Baer dengan prototype game yang diberi nama Brown Box yang kemudian terbit dengan nama Magnavox Odysey pada Mei tahun 1972. Konsol game ini berisi 16 game built-in dan dapat diganti dengan menggunakan switch. Magnavox Odysey tercatat sebagai perkembangan konsol game pertama di dunia dengan penjualan 350.000 unit.

Generasi Kedua
Generasi kedua disebut-sebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era. Di generasi kedua ini pula dimana perkembangan konsol game pertama kali menggunakan media cartridge di tahun 1976 oleh Fairichild VES.

Konsol ini menggunakan kaset magnetic yang disebut dengan cartridge. Dan akhirnya konsep ini diikuti oleh produsen konsol game lain termasuk Atari, Magnavox, dan RCA.

Generasi Ketiga
Pada generasi inilah Konsol game asal negeri sakura ini memberikan nama konsolnya yaitu Nintendo Entertainment System (NES) dan Super Nintendo (SNES) yang diluncurkan di akhir tahun 1983.

Selain menggunakan basis cartridge atau kaset, konsol-konsol game pada generasi ketiga ini juga sudah menggunakan teknologi bit, yakni satuan bilangan binary digit yang dapat menampilkan gambar cukup bagus pada saat itu.

Generasi Keempat
Pada generasi keempat ini dimana Nintendo mulai memiliki saingan yaitu perusahaan SEGA. Di tahun 1988 Sega merilis konsol mereka yang dikenal dengan Sega Genesis.

Konsol Sega genesis mampu menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang sangat halus dibandingkan dengan pesaingnya, NES. Namun, walaupun begitu NES masih tetap menjuarai angka penjualan di tingkat paling tinggi.

Reporter: Ferian Eka Wibisana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini