Film Magical Mistery Tour yang diperankan personel The Beatles
Film Magical Mistery Tour yang diperankan personel The Beatles

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tidak tahu John Lennon? Ia adalah seorang musisi legendaris yang dikenal sebagai vokalis di The Beatles. Lennon terkenal bersama The Beatles. Selain menjadi sebuah band, mereka juga membintangi beberapa film termasuk film kartun.

Berikut beberapa film yang dibintangi John Lennon dan para personel The Beatles

1. A Hard Day’s Night (1964)

Film ini dipublikasikan tahun 1964 ini ditulis oleh Alun Owen dan disutradarai Richard Lester. Selain The Beatles, film ini juga dibintangi Wifrid Brambell, Norman Rossington, John Junkin, Lionel Blair, Victor Spinetti, John Bluthal, dan Derek Nimmo. Film ini bercerita tentang John, George, dan Ringo yang berusaha kabur dari kejaran para The Beatles mania, mereka ingin pergi dari stasiun Liverpool ke London, Paul yang sudah tiba di stasiun menyamar menggunakan kumis serta janggut dan berpura-pura membaca koran, ia juga ditemani kakeknya (Wilfrid Brambel).

Sampai di London mereka pergi ke hotel dan ke theater di mana acara mereka ditampilkan secara langsung. Setelah itu, Ringo menenangkan dirinya sebentar untuk membaca buku dan berjalan-jalan menggunakan topi agar tidak ketahuan oleh para penggemar The Beatles. Di tempat lain, kakek Paul membuat masalah dengan menjual gambar The Beatles yang sudah bertanda tangan yang akhirnya ditangkap polisi. Setelah mengetahui gambar yang dijual adalah The Beatles. Polisi berhasil menangkap Ringo. Para personel The Beatles kemudian mendatangi kantor polisi dan meminta Ringo dibebaskan karena akan konser di stasiun TV.

2. Help! (1965)

Film kedua ini disutradarai oleh Lester yang dirilis bulan Juli 1965. Film ini menampilkan lelucon ala James Bond. Sayangnya para personel The Beatles tidak suka dengan film ini. ”Help! adalah film yang bagus, namun bukan film kami – kami hanya bintang tamu. Filmnya menyenangkan, tetapi sebenarnya untuk ide sebuah film tampak kurang benar.”  Kritikan yang keras dilontarkan Paul McCartney karena sebagian besar lagu-lagunya didominasi oleh John Lennon.

3. Magical Mystery Tour (1967)

Magical Mystery Tour adalah film musikal TV Inggris. Film ketiga ini pertama kali disutradarai oleh Paul McCartney dan dibintangi oleh The Beatles. Bercerita tentang sekelompok orang yang sedang tur mengalami kejadian aneh yang disebabkan oleh pesulap. Pembuatan film ini terinspirasi dari petualangan Ken Kesey’s Furthur dengan Merry Prankstres yang melakukan perjalanan dari Liverpool untuk melihat lampu Blackpool.

Film ini mendapatkan komentar kurang memuaskan dari media Inggris dan berakibat film ini tidak jadi diputar di Amerika.

4. Yellow Submarine (1968)

Pada bulan Januari, para personel The Beatles mengisi suara untuk film animasi Yellow Submarine. Dirilis pada bulan Juni, film ini mendapatkan sambutan baik disamping musiknya.

Film ini bercerita tentang film petualangan musik animasi. Para personel The Beatles memerankan karakter mereka sendiri di film ini. Selain mengaransemen dan menampilkan lagu-lagu The Beatles, para personel baru tampil di adegan penutup film.

5. Let it Be (1969)

Let it Be merupakan film terakhir The Beatles. Disutradarai oleh Michael Lindsay Hogg, film ini dalah film dokumenter yang mendokumentasikan latihan dan rekaman lagu band untuk album studio kedua belas dan terakhir mereka. Film dokumenter ini merekam ketegangan yang ada di antara anggota band yang menyebabkan perpisahan.

6. How I Won the War (1967)

Film ini merupakan film pertama yang dibintangi oleh John Lennon. Film komedi hitam Inggris ini disutradarai dan diproduksi oleh Richard Lester berdasarkan novel berjudul sama oleh Patrick Ryan. Lennon berperan sebagai Musketeer Gripweed, satu-satunya peran non-musik yang pernah ia mainkan dan merupakan peran pendukung.

7. Imagine (1972)

Imagine adalah film yang dibintangi John Lennon bersama istrinya (Yoko Ono), sebagian besar difilmkan di rumah Tittenhurst Park di Ascot, Inggris. Semua lagu dari album Imagine dari Lennon muncul di soundtrack.

Film ini seputar pemilihan lagu, sesekali diselingi dengan potongan kehidupan Lennon dan Ono bersama, serta rangkaian fantasi dan lelucon. Salah satunya, beberapa pria mengawal Ono melalui pintu. Di lain waktu, mereka berdua kehilangan satu sama lain di lapangan Tittenhurst dan pergi mencari.

Reporter: Laita Nur Azahra

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here