Backup Chat WhatsApp di Google Drive dan iCloud Kini Aman Dijaga Password

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak usah khawatir chat WhatsApp kita bisa diambil orang lain. Karena WhatsApp baru saja mengeluarkan fitur baru yaitu mengunci pesan cadangan dengan menggunakan password.

Fitur ini sebenarnya sudah diuji coba pada Juli lalu tetapi baru resmi dirilis untuk seluruh pengguna mulai hari ini, Jumat 15 Oktober 2021. ”Mulai hari ini, kami memberikan ekstra, lapisan keamanan opsional untuk melindungi cadangan chat yang disimpan di Google Drive atau iCloud dengan enkripsi dari ujung ke ujung,” tulis WhatsApp dalam pengumumannya di laman resmi Facebook.

Biasanya, banyak pengguna WahtsApp yang ingin mencadangkan chat mereka agar riwayat pesan dapat dipulihkan jika telepon mereka hilang atau ganti dengan yang baru. Dengan adanya sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption/E2EE) ini, hanya si pengguna yang bisa membukanya.

Ketika pengguna mencadangkan (backup) chat ke Google Drive atau iCloud, chat tidak mendapat perlindungan oleh enkripsi dari ujung ke ujung. Celah tersebut bisa dimanfaatkan penyusup untuk mengintip isi pesan. Kini, backup chat WhatsApp yang berisi pesan, foto, dan video tersebut sudah kebagian fitur enkripsi. Sama amannya seperti obrolan chat antar-pengguna.

Pengguna bisa menggunakan password atau 64 digit kode enkripsi untuk mengunci isi pesan WhatsApp cadangan.

Begini cara membuat Password di Chat Cadangan

  1. Buka menu pengaturan/setting WhatsApp.
  2. Buka chat/pesan > backup chat/cadangkan chat > end-to-end encrypted Backup.
  3. Klik continue/lanjutkan, lalu ikuti petunjuk untuk membuat password atau kunci.
  4. Jangan sampai melupakan password, sebab tanpa password, isi chat tidak akan bisa pulih (restore).
  5. Klik selesai dan tunggu WhatsApp untuk menyiapkan pencadangan dengan enkripsi dari ujung ke ujung.

Untuk antisipasi, sebaiknya menggunakan koneksi WiFi dan internet yang stabil untuk mencadangkan agar proses berjalan lanacar. Karena proses pencadangan membutuhkan waktu lama, ada baiknya daya baterai berada di kondisi penuh atau cukup banyak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini