Nurcholis Madjid

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagai ‘Guru Bangsa’, Nurcholis Madjid atau Cak Nur telah menelurkan berbagai pemikiran-pemikiran besarnya untuk Indonesia. Pemikiran itu telah menjadi inspirasi besar untuk para kaum intelektual dari zaman ke zaman.

Cendekiawan Muslim tersohor itu lahir di Jombang, 17 Maret 1939 dan meninggal dunia di Jakarta, 29 Agustus 2005. Ide-idenya tentang pluralisme dan berbagai gagasan besar lainnya telah banyak menginspirasi tokoh-tokoh besar lainnya di Tanah Air.

Setidaknya, untuk kalian yang mengaku sebagai kaum intelektual, resapi 5 nasihat dari Cak Nur ini agar semangatnya meresapi setiap perjuangan memajukan bangsa.

1. “Hidup ini harus dijalani dengan sungguh sungguh, agar tidak lewat begitu saja kepada kita dengan sia-sia.”

2. “Masing masing kita, setiap pribadi, harus menjalankan hidup ini dengan penuh tanggung-jawab, tanpa menunggu orang lain.”

3. “Suatu sikap hidup yang bertanggung-jawab, yang dijiwai oleh ikatan batin untuk berbuat sebaik-baiknya, tentu akan berdimensi sosial.”

4. “Perbuatan seorang pribadi yang bertanggung-jawab akan berakibat semakin diperkuatnya tali hubungannya dengan sesama manusia.”

5. “Jika kita menghendaki kebahagiaan dunia akhirat, kita harus beriman dan berilmu sekaligus, yang keduanya mewarnai perbuatan kita.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here