Pahlawan di Masa Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Hi Guys, kalian pastinya sudah tahu bukan jika saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Apalagi ditambah dengan hadirnya pandemi covid 19 sekarang yang semakin mendukung penggunaan teknologi.

Ketika wabah penyakit covid 19 datang ke negara ini, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap stay at home, keep distance, use mask dan melaksanakan kegiatan di rumah saja. Tujuannya untuk mengurangi penyebaran virus dan jatuhnya korban kembali. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pengguna teknologi yaitu memanfaatkan teknologi untuk melakukan aktivitas biasa yang sering dilakukan. Contohnya belajar dan mengajar, berbisnis, berbelanja online dan lain sebagainya.

Dalam situasi pandemi, generasi milenial dituntut untuk bisa menggunakan teknologi dengan bijak dan baik. Hampir seluruh pengguna teknologi berasal dari berbagai kalangan baik itu anak-anak sampai dewasa bahkan orang tua juga masih ada yang berusaha untuk menggunakannya.

Tidak heran jika nanti ketika anda di luar, Anda bertemu dan melihat ada orang tua yang menggunakan ponsel android juga. Sebenarnya hal itu berguna untuk mempermudahkan satu sama lain agar bisa membangun hubungan dan berkomunikasi dalam jarak jauh. Contohnya membantu melepas rindu antara orang tua dan anak yang hidup di perantauan (jauh dari keluarga) dan adapun contoh lainnya seperti membantu para siswa dan guru agar dapat berkomunikasi dalam menyampaikan materi dan menerima ilmu/informasi, tanpa adanya teknologi mungkin beberapa sistem seperti dalam segi pendidikan, ekonomi dll akan mengalami hal buruk khususnya dalam kondisi yang sekarang ini semua seba online.

Anda sering bukan, mendengar kata pahlawan? Lantas apakah masih ada namanya pahlawan di zaman sekarang?? Kata pahlawan dapat diartikan sebagai seorang yang mampu menginspirasi orang yang berada di sekitar dan dapat membawa manfaat bagi sesama. Jika disimpulkan berarti pahlawan ialah sosok orang yang berusaha untuk melakukan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Contoh pahlawan di kalangan milenial saat ini adalah mereka yang mau berusaha mencerdaskan anak bangsa. Siapakah dia sebenarnya??

Sosok guru saat masa pandemi sekarang masih dibutuhkan. Karena hampir sebagian siswa memutuskan untuk berhenti sekolah, itu disebabkan oleh alat belajar yang kurang memadai belum lagi pendapatan orang tua juga semakin berkurang karena beberapa tempat pekerjaan mereka sudah ditutup. Banyak orang di awal pandemi dikejutkan dengan kecanggihan teknologi, membuat beberapa guru dan siswa yang gaptek, mengalami kesulitan di dalam pembelajaran seperti waktu pertama kali menggunakan zoom meeting terdapat beberapa kendala contohnya bagaimana cara meshare screen, merecord video di zoom, unmute semua participants, dan lain sebaginya. Namun waktu terus berlalu dan hal itu tidak menjadi sulit lagi sebab sudah terbiasa dalam mengaplikasikannya.

Pendemi ini telah membuat pendapatan masyarakat kini berkurang drastis dan para orang tua sebenarnya masih bingung untuk membayar biaya pendidikan anaknya maka dari itu banyak siswa yang berhenti dan memutuskan untuk membantu orang tuanya dalam mencari uang dan memenuhi biaya hidup sehari-hari.  Peranan guru disini sangat-sangat dibutuhkan, negara ini bisa maju jika generasinya berprestasi dan memiliki skill yang bagus. Tujuannya yaitu membentuk karakter dan mencerdaskan anak bangsa. Para relawan yang bersedia mengajar tanpa digaji dan rela mengahabiskan waktunya itulah dia yang disebut pahlawan. Yeah dia pahlawan tanpa jasa.

Dialah orang yang bisa memberikan manfaat serta membawa perubahan bagi anak milenial sekarang, itu adalah suatu pengorbanan yang tidak ternilai. Ternyata dibalik kondisi ini masih ada beberapa orang baik yang membuka les dengan program gratis bahkan tidak hanya dilakukan face to face tetapi ada juga yang dilakukan secara daring (online). Sehingga anak dari kalangan luar daerah bisa tetap menikmati pembelajaran seperti biasanya. Teknologi telah mempermudahkan seluruh aktivitas pembelajaran. Para siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun dengan begitu siswa dapat menyesuaikan waktunya dengan baik.

Permasalahan lainnya yaitu apabila terjadi jaringan buruk. Itu adalah hambatan ketika sedang belajar online akan tetapi demi mendapatkan ilmu diperlukan  sebuah perjuangan. Berjuang mencari lokasi yang terdapat sinyal yang bagus, dan lain ssbaginya. Sungguh besar pengorbanan pahlawan masa kini dan semoga pandemi ini cepat berlalu agar semua aktivitas kita bisa normal kembali.

Penulis: Ria Kartika

Ig : tika_4345

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini