Bendera Merah Putih
Bendera Merah Putih

MATA INDONESIA, – Tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun lainnya. Semua tinggal dan berada di rumah untuk kebaikan bersama. Terutama anak-anak muda yang seharusnya punya semangat juang 45. Jasad dan raga boleh diam didalam rumah namun kobaran menyambut HUT-RI yang ke 75 harus tetap bergema.

Hal itu yang harus ditanamkan semua rakyat indonesia tak memandang tua dan muda. Semua harus kompak satu irama agar tetap melakukan yang terbaik dari rumah dan menanamkan nilai kebangsaan yaitu semangat kemerdekaan. Dari Sabang hingga Merauke, dari Aceh hingga Papua, kita semua tetap adalah bangsa yang tangguh, Bhinneka Tunggal Ika semboyannya, Burung Garuda lambangnya dan Pancasila dasar negaranya .

Bagaimanapun keadaannya banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di rumah untuk meningkatkan produktivitas. Generasi milenial pastinya dituntut lebih kreatif dan inovatif. Sudah waktunya kaum millenial saat ini bangun untuk mengamakan hari kemerdakaan dan tak hanya melakukan kegiatan rebahan saja.

Ada banyak sekali hal mudah untuk tetap produktif dilakukan disaat kondisi seperti ini. Saat hanya berada di rumah contohnya dengan membantu pekerjaan rumah seperti membersihkan seisi rumah bersama-sama dengan keluarga. Hal ini memang jarang dilakukan sebelum terjadinya Pandemi Covid 19. Selain kesibukan di sekolah dan kampus yang sering menyita waktu, anak-anak muda lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah. Membantu orang tua dengan cara ikut bertanggung jawab membersihkan rumah dapat menjalin hubungan kekeluargaan yang lebih baik.

Hal berikut yang dapat di lakukan yaitu berolahraga didalam rumah. Hal ini tentunya untuk menjaga kesehatan fisik. Selama tinggal di rumah, biasanya anak muda terjebak dengan pola rebahan. Dan ini mengkhawatirkan karena lama kelamaan fisik kita tidak akan bugar lagi karena kebanyakan istirahat.

Banyak sekali waktu yang dapat di oktimalkan saat kita berada di rumah. Kita juga dapat mengembangkan hobi kita dan mendalaminya. Misalnya beryanyi dan bermain musik. Ini akan semakin mengasah skill dan meningkatkan kemampuan. Atau kita punya hobi menulis. Biasakan banyak mengikuti lomba-lomba menulis cerpen, puisi, lomba tulis. Persoalan menang atau kalah merupakan hal biasa. Tapi semakin sering kita ikut lomba akan membuat keterampilan kita semakin teruji.

Berada di rumah bukan satu penghalang untuk mengobarkan semangat perjuangan. Tidak mengenal tua dan muda semua harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, seperti para pejuang yang menumpahkan darah untuk ibu pertiwi.

Sebentar lagi sepanjang jalan akan berwana merah putih, kibaran bendara sang agung merah putih akan mejulang tinggi di langit biru indonesia, gema juang sorak semangat akan bergema di setiap rumah menandakan waktu kemerdekaan telah tiba.

Penulis: Ferianto

Mahasiswa Semester 2 Universitas Sahid Jakarta

Ig: @feri.anto_
@tintahitam_puisi

32 KOMENTAR

  1. Sebuah motivasi positif yang memang sangat diperlukan khususnya bagi generasi2 milenial saat ini. Perlu ditiru dan dijalankan oleh seluruh masyarakat kita, agar bangsa ini semakin memiliki citra positif dimata dunia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here