Ilustrasi satelit luar angkasa (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah planet baru yang massanya 10 kali lipat lebih besar dari Jupiter kembali ditemukan oleh para astronom. Hanya berjarak 330 tahun cahaya dari Bumi, planet termuda ini ditemukan oleh para astronom dari Rochester Institute of Technology.

Diperkirakan planet tersebut berusia kurang dari 5 juta tahun dan mengorbit bintangnya pada jarak 600 Astronomical Unit (AU). Di mana, 1 AU setara dengan jarak Bumi-Matahari.

Melansir IFL Science, planet tersebut ditemukan berkat misi dari Gaia, misi milik Badan Antariksa Eropa. Para astronom menggunakan data Gaia untuk mencari objek sub-stellar (planet atau katai cokelat) di dalam Epsilon Chamaeleontis Association, sebuah kelompok bintang muda terdekat. Kemudian, mereka menemukan adanya planet raksasa bergerak bersama dengan objek lain dari kelompok bintang ini.

“Ini adalah planet bayi dan mungkin masih di tengah-tengah pembentukan. Meskipun banyak planet lain telah ditemukan melalui misi Kepler dan misi lainnya, tetapi hampir semua planet itu adalah planet berusia tua,” ucap Annie Dickson-Vandervelde, penulis utama dalam penelitian ini.

Para astronom akan melanjutkan penelitian tentang planet yang baru ditemukan ini untuk memahami sifatnya, mulai dari bagaimana planet terbentuk dan sejarah formasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here