Wow! Diduga Gunung Api Baru Muncul di TTS, PVMBG Kirim Tim Peneliti

Baca Juga

MATA INDONESIA, MOLO UTARA – Belum lama ini, ada laporan soal munculya gundukan tanah yang diduga calon gunung berapi yang mengeluarkan api disertai asap pekat dan air panas di Desa Sebot, Kecamatan Molo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM pun berencana akan mengirimkan tim peneliti ke sana.

Penyelidik Bumi Muda PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Ugan Saing mengatakan, rencananya tim peneliti tersebut diberangkatkan pada hari ini, 18 Februari 2020.

“Nantinya, mereka akan melihat secara langsung dulu secara visual. Lalu kemudian melakukan pengukuran-pengukuran gas. Paling ditambah dengan kronologi lokasi kejadian seperti apa gitu,” kata Ugan melansir Liputan6.com, Minggu 17 Februari 2020.

Kata Ugan, secara ilmiah pembentukan gunung api baru memiliki beberapa ciri khusus, sebelum benar-benar muncul di permukaan daratan bumi. Salah satunya yaitu adanya gempa-gempa kecil yang sering dirasakan oleh masyarakat setempat sebelum munculnya bentuk gunung api.

Namun Ugan menambahkan, tidak semua getaran gempa adalah ciri dugaan terbentuknya sebuah gunung api baru. Karena getaran gempa tersebut merupakan dari gempa tektonik akibat hasil tumbukan lempeng.

“Jadi tidak bisa tiba-tiba terbentuk sebuah gunung api. Tapi kami sebagai otoritas yang bertanggung jawab atas hal tersebut, tetap akan menyelidiki fenomena ini. Awalannya yaitu dengan melihat secara langsung kondisinya,” ujarnya.

Berdasarkan catatan yang dimiliki oleh PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, kemungkinan terbentuknya gunung api baru di NTT Indonesia belum terindentifikasi. Data terbaru otoritas tersebut soal terbentuknya gunung api baru berada di Pulau Flores.

Pembentukan gunung api baru juga dipengaruhi adanya riwayat gunung api purba sebelumnya. Sehingga PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM belum bisa menyimpulkan adanya pembentukan gunung api baru di wilayah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini