Warga Probolinggo Dihebohkan Lahirnya Anak Sapi Berkepala Dua, Ini Penjelasan Dokter Hewan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Warga blok Munder, Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo dihebohkan dengan lahirnya seekor anak sapi betina yang memiliki dua kepala, dua mulut dan empat mata milik Sukim atau Arsid.

Kejadian ini diketahui memang bukan yang pertama kalinya terjadi meski jarang ditemui. Namun, apakah ini pertanda sesuatu atau hanya kelainan genetika saja, berikut penjelasan dari dokter hewan.

“Memang kejadian ini jarang atau langka ditemukan soal lahirnya anak sapi berkepala dua kalau manusia itu disebut kembar siam,” kata Dokter Hewan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) wilayah Bantaran Kabupeten Probolinggo, drh Dandi Narindra Prabowo, Selasa 11 Agustus 2020.

Ia menjelaskan, sapi berkepala dua secara medis dinilai memiliki kelainan atau lahir abnormal. Oleh karena itu, tim medis dinas peternakan Kabupaten Probolinggo telah mendatangi pemilik sapi tersebut.

“Kalau dilihat kondisinya sulit untuk tumbuh normal karena tidak ada keseimbangan. Sebab dilihat dari rahang atas dan bawah sapi tersebut tidak sama,” katanya.

Ia menyebut kelainan pada bayi atau ternak yang lahir tidak normal disebut dengan istilah teratogenik yakni lahirnya fetus atau bayi yang lahir tidak berkembang normal karena kerusakan sel embrio induknya bunting.

“Faktornya penyebabnya kebanyakan dari bahan kimia yang terserap oleh tubuh,” katanya.

Untuk menyelamatkan anak sapi betina itu, pihaknya meminta kepada pemilik untuk memberikan asupan susu segar menggunakan botol susu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini