Wajib Tahu! Lidah Ternyata Punya Kemampuan Mencium

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Banyak orang mengira indera penciuman kita hanya bersumber di hidung. Namun baru-baru ini para peneliti menyebutkan bahwa sel-sel di lidah Anda memiliki kemampuan untuk mencium.

Temuan itu dituangkan para peneliti dalam jurnal Chemical Senses pada Selasa 24 April lalu. Sebelumnya, bau dan rasa sangat terkait di otak, dengan bau memberikan sebagian besar informasi kompleks yang terkait dengan rasa.

Tetapi makalah tersebut, peneliti di Monell Chemical Senses Center, sebuah lembaga penelitian nirlaba di Philadelphia, menumbuhkan sel-sel pengecap manusia di laboratorium.

Sel-sel itu mengandung beberapa molekul penting yang sudah ditemukan dalam sel penciuman. “Sel-sel yang ditemukan di saluran hidung yang bertanggung jawab untuk merasakan bau. Dan ketika mereka mengekspos sel-sel rasa pada molekul bau, sel-sel itu merespons seperti sel penciuman,” kata Mehmet Hakan Ozdener, peneliti senior dai Monell Chemical Senses Center, seperti dikutip Livescience, Jumat 31 Mei 2019.

Temuan ini adalah demonstrasi pertama dari sensor penciuman dalam sel-sel selera manusia, meskipun mereka telah ditemukan di tempat lain di tubuh, termasuk di usus, sel sperma dan bahkan rambut.

“Kehadiran reseptor penciuman dan reseptor rasa dalam sel yang sama akan memberi kita kesempatan yang menarik untuk mempelajari interaksi antara bau dan rangsangan rasa pada lidah,” Mehmet.

Temuan itu menunjukkan bahwa sel-sel selera manusia mungkin lebih rumit daripada yang diperkirakan para ilmuwan sebelumnya. Para ilmuwan berpikir bahwa kategori rasa yang sederhana seperti manis, asin, asam, pahit dan umami (gurih), hanya terintegrasi dengan bau bersama dengan input dari indera lain di otak.

Tetapi sekarang para ilmuwan tahu bahwa pembauran dapat terjadi sebelum input sensorik mencapai otak.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini