Viral! Wanita Ini 6 Tahun Hidup Bersama Pria Penderita HIV Layaknya Pasangan Normal

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kisah perempuan asal Malaysia yang hidup bersama suaminya yang positif menderita penyakit HIV viral di media sosial.

Lewat cuitannya di Twitter, akun @Suamikuhivpoz menceritakan bagaimana ia menjalani gaya hidup yang cukup sehat bersama suaminya yang menderita HIV sejak 1993. Hingga saat ini suaminya itu masih menjalani pengobatan Highly Active AntiRetroviral Therapy (HAART).

Sebagai informasi, HAART adalah salah satu bentuk terapi antiretroviral yang banyak digunakan untuk mengobati orang dengan HIV.

“Ya, saya HIV negatif, dan sudah hampir enam tahun sekarang, sejak tinggal bersama suami saya yang HIV+. Dengan HAART, kami hidup seperti pasangan menikah normal!!!,” tulis @Suamikuhivpoz pada Sabtu 21 September 2019.

Akun @Suamikuhivpoz telah sangat terbuka dengan hubungan serodiskordannya. Hubungan serodiskordan mengacu pada hubungan di mana satu pasangan terinfeksi HIV, dan yang lainnya tidak. Ia mengungkpakan bahwa ia benar-benar ingin menghentikan stigma terhadap orang HIV positif.

Mengutip dari World of Buzz, @Suamikuhivpoz menjelaskan bahwa HAART telah memungkinkan bagi mereka yang didiagnosis dengan HIV.

“Yang paling penting adalah bagi mereka dengan HIV untuk patuh dengan pengobatan HAART dan walaupun itu seumur hidup, setelah Anda mencapai tahap viral load tidak terdeteksi, Anda sama dengan orang yang tidak HIV (dapat menikah dan memiliki anak-anak bebas dari HIV),” jelas dia.

Penting juga untuk dicatat bahwa pengobatan HAART disediakan secara gratis oleh pemerintah Malaysia. Para ahli medis telah membuktikan bahwa memiliki viral load yang tidak terdeteksi berarti tidak dapat ditularkan atau U = U. Ini artinya kalian dapat memiliki hubungan seksual yang sehat dengan orang yang tidak terinfeksi.

“Jangan takut untuk mengetahui statusmu. HIV tidak lagi menjadi hukuman mati. Semua orang harus tahu apakah mereka memiliki HIV dan mencari pengobatan setelah didiagnosis,” ungkapnya.

Berkat tweet-nya yang viral, banyak netizen membuka mata mereka terhadap dunia HIV. Ia juga meminta netizen untuk tidak membeda-bedakan mereka dengan HIV. Pesan ini juga disampaikan oleh para ahli di seluruh dunia, di antaranya setuju bahwa mencari pengobatan dini adalah kunci untuk memerangi HIV.

 

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini