Viral Video Tim Medis Cina Datang ke Indonesia, Beneran?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baru-baru ini sebuah video yang menampilkan sejumlah orang berpakaian hazmat ada di sebuah bandara viral di media sosial. Orang-orang itu disebut-sebut merupakan petugas medis Cina yang baru tiba di Indonesia.

Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menjelaskan soal video tersebut. Kepala Subbagian Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nur Saleh mengatakan, warga negara (WN) Cina yang berada dalam video itu justru hendak meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi itu area keberangkatan yang di foto. Bukan area kedatangan dan diambilnya waktu pemulangan warga negara RRT,” kata Nur Saleh dalam siaran pers, Jumat 27 Maret 2020.

Kata Nur Saleh, WN Cina yang ada di video itu meninggalkan Indonesia dalam rangka evakuasi. Warga negara Cina itu, tercatat meninggalkan Indonesia menggunakan pesawat Cambodia Airlines.

Adapun berdasarkan manifes penerbangan pesawat tersebut, terdapat 126 WN Cina sebagai penumpang serta tujuh orang kru yang terdiri dari 1 orang WNI, 1 orang WN Korea Selatan, 2 orang WN Filipina, dan 3 orang WN Kamboja.

Dalam video beredar, tampak sejumlah orang yang mengenakan pakaian alat pelindung diri tengah mengantre di Bandara Soekarno-Hatta.
Sosok pengambil video tersebut sempat berbicara menggunakan bahasa Mandarin. Sedangkan, orang-orang yang mengantre itu tampak seperti warga negara Cina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini