Viral! Video Resep ‘Babi’ Halal, Netizen Ini Bikin Vegan Pulled Pork

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video TikTok tentang resep praktis vegan pulled pork viral di media sosial. Video ini diberi keterangan ‘babi’ halal.

Video yang dibagikan akun @serat_ketjil menampilkan step-step pembuatan resep yang bahan utamanya sebenarnya menggunakan daging babi. Karena dalam islam makan daging babi hukumnya haram, ia menggantinya dengan jantung pisang.

“Bahan utamanya jantung pisang, bersihin, cuci, abis itu rebus,” katanya, dikutip Kamis 8 Oktober 2020.

Untuk bumbunya, tumis bawang merah dan bawang putih. “Sampai layu ya, terus masukkin jantung pisangnya yang sudah direbus tadi,” lanjut Serat Ketjil.

Langkah selanjutnya adalah masukkan saos tomat, kecap asin, dan bumbu rahasia ala Serat Ketjil. Bumbu rahasia itu terdiri dari kecap inggris, garam, kaldu jamur, gula pasir, wijen, dan air. Juga tambahan lada bubuk.

Semua bahan dimasak sampai airnya menyusut. Jika sudah masukkan irisan daun bawang.

Setelah selesai, siapkan roti panggang. Biar mirip, pakai roti sourdough ya. “Terakhir susun (vegan pulled pork) di atas roti, tambahin tomat, karena aku suka pedes aku tambahin bubuk cabai,” tutupnya.

@serat_ketjil

Babi Halal – Vegan Pulled Pork #vegan #plantbased #cooking #vivoV20FocusOnYou #fyp #fypindonesia #veganfoodie #veganrecipes #veganfood

♬ original sound – Serat Ketjil – Serat Ketjil

Video TikTok Serat Ketjil kemudian viral dan mendapat beragam komentar dari netizen. Tak sedikit yang justru memperdebatkan kehalalan makanan ini.

“Fyi: Ini emang makanan halal, tapi karena udah disandingi dengan makanan haram dalam Islam ini gak boleh ya. Segala sesuatu disandingi dengan haram,” kata Lily.

“Mana ada babi halal? Kalau itu halal, ya bilang aja halal. Kalau itu haram bilang aja haram. Jangan malah mengharamkan sesuatu yang halal. ok,” komentar hanifa.

“Maksudnya dia babi halal itu, rasa makanannya kaya daging babi, tapi bahan-bahannya gak make daging babi,” tulis cipp4.

“Akhirnya bisa tahu rasa babi,” kata Dhea.

“Guys its vegan, ya mereka ga pakai babinya :o,” komentar sardine fam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini