Viral Video Pernikahan Diiringi Tembang Lingsir Wengi, Serem Gak Sih?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Unggahan penggalan video pernikahan akun Twitter @akarfikir menarik perhatian publik. Sebab pasangan pengantin itu menggunakan tembang Lingsir Wengi sebagai lagu pengiring kirab pengantin.

Mendengar lagu tersebut, tak sedikit orang yang merasa takut. Lagu itu memang kerap diputar di film-film horor sebagai lagu pemanggil setan.

Nampaknya, tembang lingsir wengi ini dipilih sebagai lagu kirab pengantis atas hasil votingannya di Twitter. Ada dua lagu yang menjadi pilihan yakni Lingsir Wengi dan Mawang. Tembang ini paling banyak dipilih dengan hasil 52 persen dibandingkan lagu Mawang yang memperoleh hasil 48 persen.

Sebagai informasi, Tembang Lingsir Wengi menjadi populer lagi di masyarakat setelah kemunculan film Kuntilanak (2006). Dalam film tersebut, jika tembang lingsir wengi dinyanyikan maka kuntilanak akan muncul.

Namun sebenarnya tembang Lingsir Wengi bukanlah lagu pemanggil Kuntilanak. Justru tembang ini merupakan syair gubahan Sunan Kalijaga sebagai permohonan agar dijauhkan dari malapetaka.

Adapun terjemahan dari tembang tersebut pun tidak menyeramkan seperti yang kira. Berikut penggalan lirik dan terjemahan dari lirik lagu tersebut:

Lingsir wengi (Saat menjelang tengah malam)
Sepi durung biso nendro (Sepi tidak bisa tidur)
Kagodho mring wewayang (Tergoda bayanganmu)
Kang ngreridhu ati (Di dalam hatiku)

Kawitane (Permulaannya)
Mung sembrono njur kulino (Hanya bercanda kemudian biasa)
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno (Tidak mengira akan jadi cinta)
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi (Kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku)
Nandang bronto (Menderita kasmaran/jatuh cinta)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini