ilustrasi masjid boleh disambangi gunakan alas kaki

MINEWS, JAKARTA-Rekaman yang diunggah oleh akun Twitter @fakir_sinyal beberapa waktu lalu, menjadi viral di media sosial. Dimana video itu memperlihatkan pengunjung yang masuk ke dalam masjid menggunakan sepatu.

Hanya saja untuk menjaga kesucian masjid tersebut, mereka diminta membungkus sepatu masing-masing pakai plastik.

Petugas masjid pun sudah menyediakan mesin otomatis pembungkus sepatu, yang mana ketika membungkusnya sepatu tidak harus dicopot dari kaki. AKUN @fakir_sinyal menuliskan keterangan, “Alat otomatis untuk pelapis alas sepatu di masjid Moskow”.

Jadi, setiap pengunjung yang bersepatu diminta menginjak mesin yang disediakan petugas, selanjutnya alas sepatu tersebut akan terbungkus secara otomatis. Dengan begitu ketika dipakai masuk masjid, maka akan bebas dari najis atau kotoran.

Video pengunjung masuk masjid pakai sepatu ini kemudian heboh di Indonesia. Diunggah pada 3 November 2019, rekaman itu kini sudah ditonton 373 ribuan akun. Tercatat juga ada 29 ribuan netizen memberi tanda suka dan ribuan lainnya membagikan ulang.

Nah, mereka yang tak setuju bukan hanya menyoroti pakai sepatu ke masjid, tapi juga menilai soal sampah plastik dan terkait adab masuk masjid.

“Kenapa pihak masjid malah memfasilitasi hal tersebut? Gagal paham gue. Kalau memang ditunjukkan untuk wisata ke masjid dalam memperkenalkan Islam, ya, sekalian saja ikuti pakai cara Islam. Suruh copot sepatunya dan kasih penitipan sepatu di sudut masjid seperti yang banyak terdapat di Indonesia,” tulis akun @Mrius74910626.

“Sebenarnya yang kami inginkan itu adabnya. Ketika masuk masjid, enggak pakai alas kaki lebih menggambarkan pantas dan adab. Soal najis atau tidak, itu sesuatu yang tidak kasat mata. Misalkan celana dalam kena air pipis saja sudah bawa najis ke dalam masjid,” terang @apeluh_gog.

“Emang bisa sih kayak gitu buat masuk masjid biar enggak kotor dan enggak ribet buka sepatu, cuma ngapain gitu ke dalam masjid dan enggak lepas sepatu? Artinya enggak bakal salat kan, terus ngapain? Cuma foto-foto doang? Masih banyak tempat-tempat yang lain buat foto-foto atuh,” celetuk @BugedSenpai.