PKKMB Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa 2020. (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagat media sosial dihebohkan dengan video terkait proses Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP Unesa) yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

Video itu memperlihatkan terlihat tiga orang senior secara bergantian membentak seorang mahasiswa baru (maba). Hal ini karena maba tersebut tidak memakai ikat pinggang.

“Ikat pinggangmu mana?,” ucap seorang senior.

“Ikat pinggang diperlihatkan,” sahut senior yang lain.

Si maba yang mengenakan hijab berwarna hitam itu hanya bisa meminta maaf. “Maaf kak,” katanya dia dengan suara bergetar.

“Kamu tau tata tertib nggak. Nggak dibaca tata tertibnya?,” tambah senior lainnya.

Video ini pun menjadi bahan omongan khususnya warga Twitter usai diunggah akun bernama @Rafirizqu10. Bahkan, kata-kata terkait seperti ‘Unesa’ dan ‘Ospek’ berada di deretan teratas trending topic.

Beragam komentar dari netizen menanggapi video viral tersebut.

“eh tol*l semua ada porsi nya kali, emang lo pikir lucu apa digituin, kenapa sih gaya ospek jaman kolonial masih diajarin belom nanti mereka mesti harus ada kaya matkul wamil nah lu enak pada udh senior haha hihi aja.. lagi kok bisa ada dosen atau dekan yang setuju, heran gw..,” tulis @kukus**bapao_.

“this is literally disgusting… coba deh panitia ospek dan seluruh ketuanya bisa gak gausah bentak bentak kalau adek tingkat salah? kasih aja hukuman tanpa perlu bentak. gmn sama yang punya anxiety? trauma? dll? emang mau tanggung jawab? ga kan? ga setuju bgt sama cara gini. kuno,” komentar @pinki**ey.

“Dulu mikir absurd banget ya kalo ospek online seniornya marah ke mahasiswa baru, eh kok direalisasikan sama mereka~,” kata @vansena**xander.

“Bayangin senior teriak gitu didenger ortu si maba dan akhirnya ortu si maba dateng marahin balik si senior ,” komentar @Se**ia12.

“Ckck itu dirumah berani gituin anak orang. Kalo gw ortunya/kakaknya, masuk frame gw teriak2in juga itu senior
Ga ada faedah masih dilanjut aja bentak2 anak orang, heraaaann,” tulis @capcint**pacin.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here