Unggahan Instagram @ndorobeii soal harimau di BonBin Lamongan.

MATA INDONESIA, LAMONGAN – Video seekor harimau yang tampak kurus diduga jarang dikasih makan viral di media sosial. Menurut iformasi, satwa berada di Kebun Binatang Maharani Zoo dan Goa Lamongan, Jawa Timur.

Belakangan warganet tengah dihebohkan dengan video yang memperlihatkan harimau berbadan kurus.

Video harimau tersebut salah satunya diviralkan oleh akun Instagram @ndorobeii pada Senin 7 September 2020. Dalam video yang di rekam dari atas sebuah tempat, harimau tersebut memiliki badan yang ramping tak seperti kebanyakan.

Si perekam video menuliskan bahwa dirinya tidak tega melihat perut harimau tersebut. “Ya Allah gak tega lihat perutnya,” tulis si perekam.

Video itu pun memantik reaksi dari warganet. Tak sedikit yang menyalahkan pihak kebun binatang lantaran dinilai tak mengurus satwa peliharaannya dengan baik.

Sementara itu, pihak berwajib setempat juga bergerak cepat dan mendatangi pihak Kebun Binatang Maharani Zoo dan Goa Lamongan. Video klarifikasi tersebut diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii pada Senin 7 September malam.

Salah seorang petugas berseragam polisi meminta klarifikasi dari dokter hewan yang bertugas di kebun binatang tersebut. Menurut sang dokter, ada dua kemungkinan yang perlu dicermati dari video viral tersebut.

Pertama adalah jarak dan angle pengambilan video yang menurutnya diambil dari jauh sehingga membuat harimau jadi kelihatan lebih kurus. “Itu kemungkinan ada dua hal yang kita cermati. Pertama pengambilan video pada saat itu di ketinggian yang lumayan ya sekitar 5 sampai 6 meter, antara jembatan sampai di bawah. Jadi mungkin kelihatan agak kecil,” ungkap Lely.

Kemudian, yang kedua, adalah soal jam pengambilan video tersebut. Ia mengatakan bisa jadi harimau memang belum makan di mana harimau hanya makan sehari sekali setiap pukul 15.30.

“Yang kedua satwa ini memang belum makan karena pada waktu pengambilan kita tidak tahu itu jam berapa,” tutur Lely.

“Makannya satwa-satwa kita ini, harimau ini, sekitar jam setengah empat sore, sehari cuma sekali. Sekitar lima sampai enam kilo dan memakai tiga jenis daging yakni ayam, sapi, dan kambing juga,” sambungnya.

Lebih lanjut, Dokter Hewan yang bertugas menangani satwa-satwa tersebut pun mengaku hingga saat ini tidak ada pengurangan makan bagi para satwa.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita tidak ada pengurangan makan. Jadi makan satwa kami tetap seperti biasa, meskipun sekarang lagi pandemi,” ungkap Lely. “Jadi untuk satwa memang kami prioritaskan,” lanjutnya.

Setelah menampilkan klarifikasi, video tersebut kemudian merekam gambar harimau yang disebut-sebut sama dengan harimau yang sedang viral.

Meski telah memberikan klarifikasinya. Masih ada warganet yang tak percaya dengan pernyataan sang dokter.

“harimau belum makan ga kurus sampe tulang pinggangnya keliatan menonjol kali dok. gue kaya tinggal di negara humoris ya. becandanya keterlaluan. 😂,” komentar @taki**ikides.

“Gini aja deh kasih liat live ke kami semua klo emang harimaunya gak sekurus itu. Biar ada bukti, klo emang kurus ak mau ikutan open donasi,” tulis @yekti**spita.

“Cuma anak SD aja yg percaya sama klarifikasi bu dokternya 🤣,” kata @ki**e_91.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here