Unggahan Twitter @renaldypjs.

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video tips sukses berwirausaha yang disampaikan seorang kakek di Kabupaten Bantul mejadi viral. Salah satu yang tips sukses yang disampaikan ialah memelihara tuyul.

Video ini diunggah oleh akun Twitter @renaldypjs pada Rabu 14 Oktober 2020. Video viral ini diberi caption, “Ilmu bisnis yang tidak diajarkan di kampus.”

Kakek itu bernama Mbah Lasiyo yang diketahui berprofesi sebagai petani pisang. Di awal video, ia mengatakan bahwa untuk membangun usaha maka dibutuhkan modal 3M dan menjelaskannya.

“Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3M. M satu adalah melihat, M dua memahami, M tiga melaksanakan. Jadi andai kata 3M itu dilaksanakan dengan baik dan benar, insyaAllah akan berhasil,” jelas Mbah Lasiyo, dikutip Minews.id pada Jumat 16 Oktober 2020.

Namun, di akhir potongan video ini, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa usaha atau bisnis bisa lebih berhasil jika memelihara tuyul. “Tapi akan lebih berhasil lagi, bila kita memelihara TUYUL,” ucapnya.

Sontak, netizen pun dibuat geger. Banyak yang mengartikan kata tuyul tersebut makhluk gaib berwujud anak-anak yang suka mencuri uang.

Namun, ternyata tuyul yang dimaksud bukanlah setan gundul. Akun Twitter @Ihsanmauwae mengunggah video lanjutannya dengan menuliskan, “Nih Tuyulnya.”

Dalam video tersebut, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa tuyul yang ia sebutkan bukanlah tuyul setan, tetapi TUYUL yang merupakan sebuah akronim.

“TUYUL adalah kepanjangan dari Takwa, Usaha, Yakin, Ulet, Lincah. Apabila kita tidak lincah, walaupun kita punya produk, akhirnya kita mejen atau tidak bisa terjual,” jelasnya.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @ihsanmauwae ini pun menuai banyak respons dari warganet.

“Udh kaget duluan aja bun,” cuit @lum***tarss.

“Hampir aku berburuk sangka,” komentar @h_soek**djo.

“Astaghfirullah berdosa bgt videonya di cut,” kata @sapie**iss.

“Nih biar lu cepet kaya, tonton sampe abis,” tulis @__moonl**hts.

“Marilah kita praktekan perkataan si bapak,” komentar @suka**aehyun.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here