Viral, Surat Nikah dan Cerai Soekarno di Online shop
Inggit dan Soekarno (istimewa)

MATA INDONESIA, BANDUNG – Surat nikah mendiang Presiden Soekarno dan Inggit mendadak viral di jagad maya. Kedua dokumen penting ini dijual oleh sebuah akun online shop di Instagram yang bernama @popstoreindo. Toko tersebut memiliki alamat di Bandung.

Berikut isi postingan yang diunggah oleh @popsotoreindo pada Rabu 23 September 2020.

“Seorang bapak di Bandung menawarkan Surat Nikah dan Suat Cerai Asli Presiden pertama RI:Ir Soekarno & Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit.”

“Saya kaget pas baca dokumen sangat bersejarah ini. Baru tahu juga yang jadi saksi cerainya Bung Karno dan Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara & KH. Mas Mansoer.”

“Bisa dicek di Wikipedia, Ir Soekarno menikah dengan Ibu Inggit Garnasih pada 24 Maret 1923 (Soerat Keterangan Kawin no. 1138), persis sama, kan?”

“Yang minat serius PM saya aja langsung dan cek barang ke rumah. Harga Sangat Amat Mahal Super Fantastis!!! WA / call: 08122385759,”.

Sudah bisa ditebak, beragam tanggapan pun diberikan warganet. Ada yang menganggap sebagai hal biasa. Tapi ada yang meminta agar dua surat bersejarah itu sebaiknya dimuseumkan.

View this post on Instagram

HARI INI MENDAPAT KEJUTAN YANG MEMBUAT SHOCK!! Seorang Bapak di Bandung menawarkan Surat Nikah & Surat Cerai Asli Presiden pertama RI: Ir. Soekarno & Ibu Inggit Garnasih. Beliau ternyata cucunya Ibu Inggit. Saya kaget pas baca Dokumen Sangat Bersejarah ini, baru tau juga ternyata yang jadi saksi cerainya Bung Karno & Bu Inggit adalah Bung Hatta, Ki Hadjar Dewantara & KH. Mas Mansoer. Bisa dicek di wikipedia, Ir. Soekarno menikah dengan Ibu Inggit Garnasih pada 24 Maret 1923 (Soerat Katerangan Kawin no. 1138), persis sama kan? 😉👌 Yang minat serius PM saya aja langsung & cek barang ke rumahnya. Harga Sangat Amat Mahal Super Fantastis!!! WA / call: 08122385759 #dokumensejarah #soekarno #bungkarno #indonesia #inggitgarnasih #jualdokumenpenting #presiden #heritage #hartakarun #bunghatta #kihadjardewantara #khmasmansyur #bandung #suratnikahbungkarno #suratnikah #suratcerai

A post shared by POPSTOREINDO ® (@popstoreindo) on

Sebagai informasi, Soekarno menikahi Inggit saat masih menjadi mahasiswa Technische Hoogeschool te Bandoeng, yang kini merupakan Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat menikah, Soekarno berusia 13 tahun lebih muda ketimbang Inggit.

Waktu itu, Inggit merupakan induk semang atau ibu kos Soekarno selama di Bandung. Setelah menikah selama 20 tahun, mereka akhirnya bercerai. Yakni, sekitar pertengahan 1943 atau dua tahun sebelum Indonesia merdeka dan Soekarno menjadi presiden RI. Dalam prosesnya, Soekarno kemudian menikah dengan Fatmawati.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here