Viral, Sejumlah Prajurit TNI Cuci Uang Pasca Banjir Bandang Sentani

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah video viral menghebohkan jagat maya. Dalam video itu terlihat sejumlah pria yang tengah mencuci uang dan kemudian mengeringkannya. Uang jutaan rupiah yang sedang dicuci itu merupakan temuan saat banjir bandang Sentani, Papua.

Menurut informasi, sejumlah anggota Yonif RK 751/VJS TNI AD mendapati peti berisi uang yang mengapung saat sedang melakukan penyisiran dan pencarian korban banjir bandang di Sentani pada Minggu, 17 Maret 2019 lalu.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aldi mengatakan, anggota TNI yang menemukan uang tersebut adalah Kopda Boni, Praka Obeth dan Pratu Kreku.

“Jadi, saat mereka melaksanakan penyisiran dalam rangka pencarian korban bencana banjir bandang di BTN Sosial Sentani, Pratu Kreku menemukan dan mengamankan peti yang berisi uang milik Gereja Gidi Sosial Sentani sekitar Pukul 02.00 dini hari,” katanya, dikutip pada Selasa, 19 Maret 2019.

Pada peti yang ditemukan itu terdapat tulisan ‘perpuluhan dan persembahan’. Setelah dicek, ternyata isinya uang.

“Peti berisi uang tersebut dibawa ke barak dan dipindahkan dari jaring alat untuk menangkap ikan untuk dibersihkan. Setelah uang dibersihkan dan dijemur, selanjutnya Kopda Boni melaporkan kejadian tersebut kepada Wadanyon Mayor Inf Yahya Ginting,” ujarnya.

Kini, uang yang ditemukan itu masih diamankan oleh Kopda Boni anggota Kipan A Yonif RK 751/VJS untuk kemudian akan dikembalikan ke pihak yang berhak.

Untuk diketahui, total nominal uang yang ditemukan mencapai Rp4.438.500. Uang-uang itu terdiri dari beberapa bentuk pecahan, yakni pecahan 100 ribu sebanyak Rp1.900.000, pecahan 50 ribu sebanyak Rp850.000, pecahan 20 ribu sebanyak Rp420.000, pecahan 10 ribu sebanyak Rp460.000, pecahan 5 ribu sebanyak Rp405.000, pecahan uang 2 ribu sebanyak Rp256.000, pecahan seribu sebanyak Rp145.000, dan pecahan uang logam sebanyak Rp2.500.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini