(Foto: Instagram)

MINEWS, JAKARTA – Cerita unik datang dari pernikahan putri Walikota Balikpapan, Rizal Effendi. Ya, pernikahan sang putri Aisyah Febria dan mempelai pria Rizki Akbar Bakhtiar mendadak jadi perbincangan lantaran menggunakan mahar berupa pohon mangga.

Kisah ini dibagikan sendiri oleh Rizal Effendi melalui akun Instagramnya @rz_effendi. Dia mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kedua mempelai saat hendak menanam pohon mangga dengan pakaian akad nikah.

“Karena mas kawinnya salah satunya ada dua pohon mangga, jadi setelah akad kedua mempelai langsung menanam pohon tersebut di halaman majsid Islamic Center, Ini sesuai dengan regulasi Pemerintah Kota Balikpapan dimana saat pengurusan akad nikah warga harus menanam bibit pohon,” tulis Rizal dalam caption, dikutip Kamis, 4 April 2019.

Ia kemudian menjelaskan alasan pasangan ini memilih pohon mangga sebagai mahar pernikahan. Ternyata ini mengikuti regulasi Pemerintah Kota Balikpapan, dimana ada perjanjian antara Dinas Lingkungan Hidup kota Balikpapan dengan Kantor Kementerian Agama Balikpapan pada tahun 2016, bahwa warga Balikpapan yang mengurus akta nikah wajib menanam pohon.

“Di acara kemarin, selain tumbler untuk mendukung peraturan daerah soal pengurangan produk dan kemasan plastik sekali pakai, kami juga memberikan souvenir berupa bibit tanaman sayur, buah dan bunga yang sudah kami tanam tiga bulan sebelum acara sebagai kenang-kenangan kepada warga yang datang,” tulis Rizal lagi.