Viral, Pria Ini Ungkap Misteri Angka yang Tak Dapat Dipecahkan Kalkulator

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sejumlah produsen handphone membenamkan fitur alat penghitung di dalamnya yakni kalkulator. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa ada hal ganjil pada kemampuan kalkulator yang ada dalam handphone Anda?

Pasalnya, ada salah satu akun LinkedIn @togi Sihombing tengah viral di media sosial. Dirinya memposting dimana kalkulator pada handphone terlihat kesulitan dalam menghitung beberapa angka tertentu. Bahkan handphone mahal sekalipun tidak bisa melakukan hal tersebut dengan baik.

Dalam postingan itu, ia mengunggah sebuah soal matematika dasar yakni 5+5×3. Ia pun meminta para netizen yang melihat postingan ini, turut menghitungnya menggunakan kalkulator handphone.

“Kalo nggak percaya coba aja ….dgn Calculator Manual Ada yang bisa bantu kenapa ya kalau pakai hitungan menggunakan Applikasi Calculator di *Hand phone* 5+5×3 = 20 padahal musti Logikanya 30,” tulis Togi.

Ia bahkan menantang para netizen untuk mencoba berhitung menggunakan handphone masing-masing. Alhasil sejumlah netizen yang telah melakukannya pun turut berkomentar untuk memecahkan masalah yang tengah viral ini.

Sebagaimana diketahui dalam hukum matematika. Perkalian atau pembagian selalu dikerjakan terlebih dahulu. Dalam kasus tersebut, kalkulator yang sudah diprogram sedemikian rupa, juga melakukan hal yang sama secara otomatis.

Apabila pada perhitungan manusia normal 5+5×3 = 30. Angka tersebut didapat dari perhitungan 5+5 = 10, 10×3 = 30. Perhitungan tersebut dilakukan sesuai urutan angka dari yang paling kiri menuju paling kanan tanpa menggunakan hukum matematika.

Namun jika menggunakan kalkulator, maka akan secara otomatis, mesin akan mengambil logika matematika dengan mengerjakan soal perkalian terlebih dahulu. Maka hasil dari perhitungan tersebut adalah 5+(5×3) = 20.

Sejumlah netizen pun mencoba menjelaskan hal yang sama demi mematahkan teori yang selama ini tidak disadari oleh kebanyakan orang.

“Karena bilangan matematikanya kalao dijabarkan adalah 5+(5×3) = 20 Tapi kalau diubah (5+5)x3 = ini baru hasilnya 30 Kadang hidup sebercanda itu bang Togi,” tulis akun @Prasetyo Budi Raharj Priyambodo.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini