Viral Ospek Universitas Khairun Ternate, Rektor: Itu Oknum Mahasiswa! Kok Bisa?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Prof. Dr. Husen Alting angkat bicara soal video viral yang melibatkan mahasiswanya. Seperti diketahui, video perpeloncoan saat masa orientasi mahasiswa baru Unkhair Ternate, Maluku Udara beredar luas di media sosial.

Husen mengatakan jika mahasiswa yang menjadi korban berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair yang dilakukan saat jam istirahat. Pelaku sendiri bukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melainkan dilakukan oleh oknum mahasiswa.

“Kejadian tersebut bermula pada saat kegiatan dilaksanaan kemudian pada saat istirahat atau break pelaksanaan ibadah, ISOMA, salat Ashar. Beberapa oknum mahasiswa itu melakukan tinmdakan yang membawa mahasiswa baru ke ruang kelas yang lantas kemudian disitulah terjadi kejadian atau tindakan sebagaimana video yang beredar,” kata Husen di akun Instagram @mahasiswaunkhair pada Jumat, 30 Agustus 2019.

Lewat akun Instagram @mahasiswaunkhair Husen menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

“Kami atas nama istitusi menyampaikan permohonan masyarakat atas kejadian tersebut. Sekaligus kami mengutuk dan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut tidak sepatutnya terjadi dan diluar dari kepatutan,” kata dia.

Husen pun menegaskan bahwa tidak dibenarkan untuk melakukan kekerasa maupun diskriminasi dalam pelaksanaan orientasi mahasiswa. Ia juga mengimbau mahasiswa baru untuk tidak mengikuti perintah senior di luar regulasi dan mekanisme kampus.

“Sekali lagi kami tegaskan kami tidak menyolelir yang namanya kekerasan, diskriminasi, maupun tinadkan-tindakan yang diluar kepatutan yang ada. Oleh karena itu kami mengimbau kepada mahasiswa baru untuk tidak melayani atau tidak mengikuti perintah-oerintah senior yang tidak sesuai dangan apa yang sudah kami sampaikan. Ini penting untuk menjaga institusi kami bersama,” ungkapnya.

Sebelumnya, beredar video mahasiswa baru yang mengenakan almamater berwarna kuning disuruh berkumur dengan air yang ada sebuah gelas plastik. Setelah itu, air dimuntahkan kembali ke dalam gelas dan kemudian air tersebut juga digunakan berkumur oleh mahasiswa sebelahnya.

Tidak hanya itu, dalam video lain mahasiswa baru universitas disuruh jalan jongkok sambil menaiki tangga. Ucapan dan kata-kata hinaan keluar dari mulut seniornya. Bahkan adapula senior yang memukul-mukul bagian kepala juniornya itu.

Aksi tersebut viral dan mendapat hujatan dari para netizen. Tak sedikit yang menyayangkan bahwa aksi perundungan ini masih terjadi di lingkungan pendidikan. Tak sedikit pula yang menghujat kelakuan senior yang dinilai tak manusiawi tersebut.

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini