(Foto: Tiktok)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jepang dikenal sebagai negara yang super bersih. Di berbagai sudut jalanan Jepang, nyaris tak pernah ditemukan sampah berserakan.

Masyarakat Jepang pun dikenal sangat disiplin dalam menjaga kebersihan. Mereka membuang sampah dengan tertib mengikuti aturan sistem pembuangan yang ada. Yakni memisahkan sampah yang harus dibuang dan sampah yang masih bisa didaur ulang.

Namun, baru-baru ini oknum turis asal Indonesia mendadak jadi perbincangan netizen lantaran kedapatan membuang sampah sembarangan di Jepang. Cerita tentang ulah nakal turis ini diunggah oleh traveller asal Indonesia bernama Mas Kasan.

Mas Kasan membagikan sebuah video di Tiktok saat ia melakukan perjalanan ke Jepang. Saat berkeliling di Negeri Sakura itu ia mendadak geram lantaran menemukan sampah yang dibuang sembarangan.

Sampah tersebut berupa bungkusan camilan kacang dan beberapa bungkus sambal produk dari Indonesia. Melihat ini, Mas Kasan hanya bisa geleng-geleng kepala.

Melalui videonya, Mas Kasan pun mengingatkan netizen untuk tidak meniru tindakan tersebut. Biasakan membuang sampah pada tempatnya atau simpanlah dulu sampah di dalam tas atau kantong baru kemudian buang saat sudah menemukan tempat sampah.

1 KOMENTAR

  1. Seharusnya Masyarakat Indonesia yang sedang di luar negri lebih mengerti adab dan akhlak, ini akan menjadi sesuatu yang terpandang buruk ketika orang indonesia disana. Padahal di indonesia sendiri juga tidak membolehkan membuang sampah sembarangan. Maka itulah adab dan akhlak seseorang harus dibangun agar bisa menjadi contoh untuk orang lain. #KomenPositif

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here