Viral! Makam Warna-warni di Madiun, Netizen Kesannya Senang Banget Ada yang Mati (Foto: Istimewa)
Viral! Makam Warna-warni di Madiun, Netizen Kesannya Senang Banget Ada yang Mati (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, MADIUN – Baru-baru ini kekreatifitasan warga desa di Madiun saat mengikuti lomba kebersihan makam yang diadakan Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun menjadi sorotan netizen. Sebab, mereka mengubah imej makam yang seram menjadi mirip tempat wisata.

Dibagikan akun Twitter @collegemenfess, tempat pemakaman umum (TPU) itu ada di RW 05 Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun dan kerap disebut sebagai Makam Nguwot viral di media sosial. Akun tersebut mengunggah tampak tangkapan layar berita “Selamat Tinggal Makam Seram” dari Times Indonesia.

BACA JUGA: Viral! 9 Pocongan di Makam Krapyak Kudus Gegara ‘Cinta Ditolak Dukun Bertindak’

Terlihat dinding pagar tembok pemakaman diberi lukisan rumput dan bunga warna-warni. Jalan setapak dan pavingnya pun juga dicat dengan berbagai warna cerah.

Tak hanya itu, bahkan kijing dan nisan setiap kuburan juga berubah penampilannya. Ada yang berwarna merah, kuning, juga hijau.

Melalui akun @collegemenfess, seorang warganet menanyakan, “Pendapat anak arsitektur/pwk tentang ini?” yang kemudian ditanggapi netizen. Namun, kebanyakan komentar yang membanjiri justru tidak menyukai penampakan warna-warni pemakaman di Madiun itu.

“bukan anak arsi tapi menurutku ini kaya belok dari kesan pemakaman ga pantes wkwk, jatuhnya kaya tempat wisata. kan kalau warna warni / ceria gitu udh identik sama kesan wisata / leisure. makam pasti seram, mau se-rapi kaya san diego hills juga seram,” kata @jojo**scent.

“sumpah itu dinas yg ngadain lomba kaya ga ngotak bgt wkwk, padahal makamnya bisa dirapiin aja, yakin sih ini yg buat “serem bgt” itu gara gara ga rapi/ga keurus. daripada dibuat kaya gitu mending dirapiin, again kaya aku bilang mau kaya gimana pun masih tetep seram,” lanjutnya.

BACA JUGA: Geger! 9 Pocongan Mirip Bayi di Makam Kudus, Diduga untuk Rutual Ilmu Sihir

“ga estetik jadinya, mending ditanemin rumput pendek/paving gt biar keliatan rapih. dinding tetep putih. warna nisan seragam tp yg kalem. kesannya kyk seneng bgt ada yg mati kalo colorful gini:(,” komentar @amo**demata.

“Galama ini jadi tempat wisata “wisata makan pelangi” wow Indonesia,” celoteh @k**zA__A.

“Menghilangkan nilai dari makam sendiri sih ini, seolah2 kita datang ke sana bukan untuk berziarah tapi untuk bermain. karena yg seperti ini memang ga biasa, pasti menarik perhatian orang utk berkunjung, dan pasti jadi spot foto baru ya karena mungkin instagramable bagi bbrp orang,” kata @f**tee.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here