Viral! Kisah Pria ODGJ Rawat Hidup di Pohon Bambu & Rawat 5 Kucing Liar (Foto: Istimewa)
Viral! Kisah Pria ODGJ Rawat Hidup di Pohon Bambu & Rawat 5 Kucing Liar (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, SLEMAN – Kisah Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dibagikan di Twitter oleh wanita bernama Lulu Mustaghfiroh menjadi viral. Meski ODGJ, pria di Jogja ini hidup dengan merawat kucing-kucing yang berada di sekitarnya.

Diunggah pada Jumat 26 Juni 2020, lewat akun @LuLuMustt, Lulu membagikan video saat dirinya mengendarai menemui seorang pemuda yang hidup menggelandang di antara semak bambu. Kondisinya begitu memilukan.

“Sudah hampir 2 minggu ini sharing makanan sama orang dengan gangguan jiwa yang hidup menggelandang. Dia punya base camp dengan atap pohon bambu di belakang Casa Grande Jogja,” tulis Lulu.

BACA JUGA: Viral! Ogah Tindaklanjuti Anak yang Ingin Bui Ibunya, Polisi: Harga Diri Anda Sebatas Motor

Rupanya ODGJ yang diberi makan Lulu selama ini tinggal bersama lima ekor anak kucing. Di video, Lulu terlihat memberikan makanan kepada kucing-kucing yang dirawat oleh ODGJ yang tidak diketahui identitasnya itu.

Kemudian, lulu juga memberi sebungkus makanan dan sebotol minuman dari Lulu, ia hanya menunduk lalu mendekap pemberian Lulu.

“Anabul [anak bulu, kata lain untuk binatang peliharaan] dan masnya sudah seperti keluarga yang saling bergantung. Masnya mungkin kesepian, dia bahkan rela berbagi makanan yang dia temukan di jalan. Kalau siang masnya biasanya pergi “bekerja” mencari sesuap nasi untuk dirinya dan anak-anaknya “di rumah”,” kata Lulu.

BACA JUGA: Viral! Makam Warna-warni di Madiun, Netizen: Kesannya Senang Banget Ada yang Mati

Menurut Lulu, meski pria itu ODGJ, pria itu tetap tenang apabila bertemu dengan orang lain. “Masnya ini enggak agresif, jd jangan takut utk deketin dia. Dia tidak bicara, cuma ngomong satu huruf,” kata dia.

Ia kemudian mengajak siapapun untuk membantu memberi makan pria tersebut dan juga merawat kucing-kucingnya. “Buat teman2 yg biasa lewat area ringroad utara, atau jalan tikus belakang casa grande. Kalau ketemu masnya, boleh banget bantu utk makan dia. Kadang dia duduk di pinggir jalan. Sekali kamu bantu, langsung menolong 6 nyawa. Semoga masnya dan anabul selalu dilingui Tuhan YME,” kata Lulu.

Unggahan Lulu ini kemudian viral dan banyak mendapat beragam reaksi dari netizen. Banyak doa mengalir untuk Lulu dan pria tersebut.

“semoga barokah yoww luu, cm sebaiknya saat ngapel ke masnya jangan sendiri, laporin ke dinas terkait mungkin bisa membantu jg, mugi berkah yooo, aminnn,” komentar @la**ff.

“makasih banyak ya mbaa semoga Allah permudahkan rezekinya. makasih udah mau kasih makan meng sama masnya. sehat selalu mba,” kata @hasbee**lain.

“sehat terus ya mba, moga selalu menebar kebaikan ❤❤,” tulis @mhmmds**raji.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here