Ini Sebab Lulusan Sarjana dan S2 Susah Dapat Pekerjaan di Masa Pandemi
Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Buat yang para pelamar kerja, ada baiknya untuk selalu bersikap sopan kepada siapa pun di tempat Kamu melamar. Jangan sampai Kamu keburu ditolak padahal belum melakukan sesi wawancara.

Kisah tentang seorang pelamar yang gagal diterima di sebuah perusahaan karena bersikap tidak sopan menjadi viral. Hal ini karena ia dianggap meremehkan resepsionis.

Di Reddit, seorang netizen menceritakan soal pelamar yang langsung ditolak ketika diuji manajer. Manajer perusahaan tersebut berpura-pura menjadi resepsionis.

Pelamar tersebut mengacaukan kesempatannya untuk dapat kerja. Bahkan, ia baru lima menit setelah memasuki gedung perusahaan.

“Hari ini, seorang kandidat (kerja) mengacaukan wawancara dalam lima menit pertama dia memasuki gedung. Dia bersikap meremehkan pada resepsionis. Saat resepsionis menyapanya dia tidak melihat mata. Wanita itu mencoba untuk mengobrol tapi lagi-lagi tidak ada kontak mata, tidak ada ketertarikan untuk bicara dengan dia,” tulis pemilik akun u/sawta2112.

“Apa yang kandidat itu tidak sadar adalah resepsionisnya adalah manajer yang akan merekrut. Dia memanggilnya lagi ke ruang konferensi dan menjelaskan bagaimana setiap orang dalam tim berharga dan berhak dihargai. Karena interaksinya dengan resepsionis ini, manajer yang merekrut menganggap dia tidak pantas (diterima kerja),” lanjutnya.

Bagaimana pun, ini bukan hanya karena kontak mata. Orang tersebut dianggap telah bersikap kasar dan merendahkan orang dengan posisi yang tidak lebih tinggi darinya.

“Ketika dia merasa berbicara dengan pengambil keputusan, kepribadiannya benar-benar berubah. Tiba-tiba saja dia menjadi ramah, terbuka, dan relaks. Jadi aku tidak berpikir itu karena kecemasan sosial. Posisi (yang dilamar) adalah posisi untuk berhadapan dengan klien di mana bersikap hangat, mudah didekati, dan ramah sangat penting,” kata dia.

Cerita ini bisa jadi pelajaran untuk para pelamar yang hendak melakukan sesi wawancara.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here