gubernur kalteng lempar botol ke stadi
foto istimewa

MINEWS, JAKARTA-Sepakbola Indonesia kembali tercoreng. Kali ini terhadap tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran yang melakukan aksi lempar botol minuman saat menyaksikan pertandingan sepakbola antara Kalteng Putra FC versus Persib Bandung.

Video pelemparan itu viral di media sosial. Semua itu berawal saat salah seorang pemain Kalteng Putra diganjar kartu merah. Tak berselang lama kemudian ada lemparan botol yang datang dari arah tribun VVIP sebanyak dua kali.

Dalam rekaman video, Sugianto Sabran tampak melakukan pelemparan botol. Sugianto memakai baju warna oranye dan topi berwarna hitam. Sugianto juga sesekali menunjuk-nunjuk ke arah stadion. Sugianto tampak marah-marah.

Di video lainnya, tampak dia marah-marah kepada Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar.

Peristiwa ini terjadi di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Jumat 1 November 2019 malam. Saat itu sedang berlangsung laga Liga 1 putaran kedua Kalteng Putra versus Persib Bandung yang berakhir dengan kemenangan Maung Bandung 2-0.

Dalam video yang beredar, Sugianto Sabran, yang mengenakan kaus warna oranye dan topi warna hitam, melempar botol air mineral dari tribun VVIP. Tidak lama dia terlihat marah-marah sambil menunjuk-nunjuk sebelum turun dari tribun VVIP ke pinggir lapangan.

Dalam video, Sugianto terlihat menghampiri AKBP Timbul Siregar. Keduanya tampak terlibat cekcok. Tidak terdengar jelas apa yang dipersoalkan oleh Sugianto.

AKBP Timbul Siregar membenarkan adanya peristiwa itu. Dia menyebut peristiwa itu terjadi karena Sugianto tidak terima ditegur olehnya.

“Mungkin pas Gubernur emosional sama wasit tiba-tiba dia ngelempar botol ke lapangan. Begitu dia lempar botol ke lapangan, akhirnya para penonton ngelemparin botol. Ngelihat situasi itu, Gubernur masih melempar, saya tegur untuk tidak lakukan pelemparan,” katanya.