Viral Galang Dana Alasan Ibu Sakit Kanker, Ternyata Uangnya Buat Foya-foya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagat Twitter dihebohkan dengan sebuah utas yang menceritakan tentang penipuan yang bermodus penggalangan dana. Thread tersebut dibagikan oleh akun Twitter dengan username @sunrisseu.

https://twitter.com/sunrisseu/status/1206014573511229441/

Ais, pemilik akun tersebut mengungkapkan bahwa penipuan ini sebenarnya dilakukan di akun roleplayer (rp), tapi karena sudah menyangkut kehidupan, maka dibuatlah thread tersebut.

Pelaku diketahui bernama Julia, dengan akun @kyutzipie. Dalam aksinya, ia menggunakan identitas orang lain.

Julia mengaku bahwanya ibunya menderita kanker rahim, dan tidak bisa menggunakan BPJS. Kakak dan keluarganya tidak ada, ia hanya berdua dengan ibunya.

Penggalangan dana dilakukan teman-temannya pada 14 Juli 2019 atas permintaan Julia. Namun katanya, ia harus menghubunginya kakaknya terlebih dahulu, yang tak lain adalah dirinya sendiri.

15 Juli 2019, Julia mengabarkan bahwa mamanya telah meninggal sekitar jam 4 lebih 20 menit, pada sore hari. Saat itu dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 3 juta.

Teman-temannya berniat untuk melayat, namun tidak diizinkan dengan alasan bahwa pemakaman yang katanya dilakukan di Bogor itu hanya dikhususkan untuk keluarga saja. Di sini, Ais mulai merasa ada kejanggalan.

Foto dari kuburan ibu dari Julia tersebar, dan nama yang tertera di batu nisan dengan nama yang dicantumkan untuk penggalangan dana berbeda. Pada foto untuk penggalangan dana, nama yang tertera adalah Maryana, sedangkan di batu nisan nama yang tertulis adalah Suayana.

Kejanggalan lainnya adalah, Julia mengaku bahwa ibunya telah meninggal pada 15 Juli 2019, namun di bulan November ia masih mengunggah foto yang merupakan masakan buatan ibunya.

Ais akhirnya mengetahui kebohongan tersebut, karena Julia mengaku bahwa ia adalah Jauharudin dan nama kakaknya adalah Julia Michelle. Ais hampir setiap hari chatting dengan Jauhar. Ais iseng melihat friendlist Line, membuka profil Julia yang ternyata tertera pula username Instagramnya.

Ia menemukan nama Jauhar di daftar followingnya, namun Ais curiga bahwa Jauhar tu bukanlah Jauhar yang ia kenal. Bermodalkan second account Instagram miliknya, Ais mencari tahu siapa Si Jauhar ini.

Ternyata Jauhar ini adalah gebetan dari Julia. Fakta lainnya, Julia dan Jauhar ini pernah bertemu pada bulan Juli, di saat teman-temannya khawatir akan kondisi ibunya. Uang hasil penggalangan dana Julia gunakan untuk jalan dengan Jauhar.

Kabarnya, Ais dan teman-teman sedang mengumpulkan bukti-bukti yang ada, untuk nantinya dilaporkan pada pihak kepolisian. (Dinda)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini