Viral Foto Ritual Tahunan Pembersihan Jasad di Tana Toraja, Netizen Sampai Bergidik Ngelihatnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tradisi tahunan pembersihan jasad khas Tana Toraja yang disebut Ma’Nene, mendadak jadi sorotan dan sukses bikin netizen bergidik. Foto-foto prosesi Ma’Nene viral usai diulas oleh media Inggris, Daily Star.

Dalam ulasannya di salah satu artikel, Daily Star menjelaskan tentang ritual Ma’Nene yang unik sekaligus menyeramkan bagi sebagian orang.

Di artikel tersebut dijelaskan bahwa pembersihan tersebut dilakukan pada jasad para leluhur yang sudah meninggal selama puluhan hingga ratusan tahun.

Dalam ulasannya, media tersebut menyertakan sejumlah foto mayat warga Tana Toraja yang diberi pakaian lengkap dengan atributnya seperti bandana dan topi.

Keluarga juga menyelipkan sebatang rokok di mulut jasad tersebut. Tak hanya itu, mereka juga menyuguhkan makanan hingga minuman untuk jasad-jasad tersebut.

Ritual Ma’Nene ini biasanya digelar tiap bulan Juli, Agustus dan September. Di saat itu, jasad-jasad yang sudah diawetkan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun dikeluarkan untuk dibersihkan.

Pakaian-pakaiannya juga diganti dengan yang baru. Untuk jasad laki-laki akan dipakaikan setelan jas lengkap, topi hingga kacamata. Sementara untuk jasad perempuan akan diberi gaun pengantin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini