MINEWS, JAKARTA – Ada banyak video DIY atau ‘do it yourself’ di Internet yang bertujuan untuk mengajarkan pemirsa bagaimana melakukan sesuatu dengan cara yang lebih mudah. Salah satunya yang dilakuakan oleh YouTuber asal Tiongkok yang mengelola Ms Yeah Official Channel.

Namun, pada 22 Agustus lalu, ada salah satu videonya yang ditiru oleh dua orang remaja asal Tiongkok yang menyebabkan kematian salah satu pemirsanya dan cedera serius pada yang lain.

Dilansir dari Sin Chew Daily, milik Ms Yeah Official Channel menampilkan cara membuat popcorn buatan sendiri di kantor menggunakan barang-barang seperti kaleng soda, pembakar alkohol, dan bahkan wadah yang diambil dari dispenser air.

Dua remaja tadi, Zhe Zhe (14) dan Xiao Yu (13) menonton video tersebut dan memutuskan untuk mencobanya sendiri. Mereka mengikuti video dan menaruh kaleng soda dengan biji jagung di atasnya di atas pembakar alkohol untuk membuat popcorn.

Tidak diketahui apakah gadis-gadis itu mengikuti video dengan cara yang tepat atau membuat beberapa modifikasi, tetapi peralatan tiba-tiba meledak.

Xiao Yu, yang terbakar parah, dibawa ke rumah sakit dan sekarang sedang dipantau, tetapi Zhe Zhe menderita 96 persen luka bakar di tubuhnya meninggal dunia.

Setelah berita tentang insiden itu muncul, banyak orang menyalahkan YouTuber karena memberikan demonstrasi yang buruk dan menuduhnya sebagai “pembunuh”.

Pada 10 September, ia merilis pernyataan yang mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir telah menjadi saat-saat paling gelap dalam hidupnya.

“Saya telah berdoa berkali-kali agar keajaiban terjadi pada Zhe Zhe, tetapi Tuhan tidak menunjukkan belas kasihan. Saya patah hati,” katanya.

Selain itu, YouTuber tersebut menekankan bahwa dia bukan satu-satunya yang membuat popcorn dengan cara itu. Ia juga mengatakan bahwa dia menggunakan lampu alkohol yang lebih aman. Ia yakin bahwa kedua gadis itu tidak merujuk ke videonya, tetapi mengikuti instruksi dari video lain.

Dia juga menunjukkan bahwa dia meletakkan pesan peringatan di depan videonya. Tetapi tetap saja apa yang ia lakukan telah memakan korban. Ia pun meminta maaf karena mengecewakan semua orang. Sementara itu, dia menyampaikan akan berhenti membuat video.