Sesat! Ibu Ini Gunakan Air Kencing untuk Obati Infeksi Jamur di Lidah Bayinya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Warga Malaysia dihebohkan dengan cerita seorang ibu yang menggunakan air kencing bayinya untuk mencegah atau mengobati infeksi jamur pada lidah bayi atau yang lebih dikenal dengan lidah putih.

Melansir dari World of Buzz, Ibu itu mengaku mendapat saran dari almarhum ibunya yang diduga berhasil pada bayinya. Seperti hal ‘nasihat’ tradisional dan takhayul hal ini sebenarnya tidak dibenarkan.

“Bayi sekarang menggunakan popok sehingga sulit bagi kami untuk mendapatkan urin bayi di atas serbet, tetapi yang dapat Anda lakukan adalah, Anda mengambil serbet dan menggosok sebagian urin bayi Anda dari popok. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan serbet ke mulut dan lidah bayi. Jangan lupa melafalkan beberapa doa,” kata ibu itu.

Seorang dokter asal Malaysia bernama Muhammad Izzat baru-baru ini membuat posting FB tentang takhayul aneh tersebut. Menurutnya, hal itu sangat menyesatkan. Izzat mengatakan infeksi jamur itu adalah hal yang umum dan tidak berbahaya.

Menurut Dr. Izzat, berikut adalah beberapa fakta tentang infeksi jamur pada lidah bayi:

1. Sariawan oral adalah jamur yang sangat umum dan diketahui menginfeksi 1 dari 20 bayi.

2. Bayi berusia 4 minggu memiliki kemungkinan lebih tinggi terinfeksi.

3. Bayi prematur akan memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkannya juga.

4. Jamur tidak berbahaya sehingga Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk itu dan itu akan hilang dengan sendirinya nanti.

5. Pastikan mulut bayi Anda bersih setiap kali Anda memberinya susu.

6. Kadang-kadang dapat menyebabkan rasa sakit pada mulut bayi dan bayi akan kesulitan minum susu, jadi Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan sendiri krim antijamur.

7. Jamur juga akan menginfeksi payudara ibu saat menyusui. Jika Anda menghadapi payudara yang kemerahan, berdarah, atau bengkak, Anda harus pergi ke dokter untuk perawatan.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, Dr. Izzat sangat meyakinkan masyarakat bahwa air seni bayi jelas bukan pengobatan untuk lidah putih. Ia juga menambahkan bahwa jika Anda mencoba untuk menghapus lapisan putih dengan serbet bersih dan lapisan keluar, itu berarti bahwa lapisan itu hanya kelebihan susu.

Infeksi jamur pada lidah tidak akan hilang saat dibersihkan. Dalam postingan yang berbeda, Izzat sangat marah dengan kenyataan bahwa orang akan dengan mudah memercayai takhayul apa pun yang diberikan oleh orang tua tetapi membantah fakta yang sah dari dokter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini