Microsoft Buka Peluang Permanenkan Skema WFH
Microsoft Buka Peluang Permanenkan Skema WFH

MATA INDONESIA, JAKARTA – Microsoft baru-baru ini mengeluarkan laporan tahunan terbaru yang mengukur tingkat kesopanan netizen atau pengguna internet. Dalam survei tersebut, netizen Indonesia meraih peringkat paling akhir dari segi kesopanan.

Artinya, netizen Indonesia disebut menjadi netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Survei tersebut kemudian menghebohkan netizen Indonesia hingga menjadi trending topic di Twitter.

Sebuah akun Twitter @alv_irl menyebut bahwa akun Instagram milik Microsoft juga turut diserang oleh warganet Indonesia. Bahkan, Instagram mematikan kolom komentarnya.

Dalam cuitan tersebut, warganet pun membagikan bukti tangkapan layar sebelum dan sesudah Instagram Microsoft mematikan kolom komentarnya.

Sementara itu, gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut buka suara menanggapi hasil survei dari Microsoft. Ia mengakui bahwa netizen Indonesia memang terlihat bar-bar di media sosial.

Tetapi, apabila bertemu secara tatap muka, Ridwan Kamil menyebut mereka tetap sopan. Ia juga mengungkapkan karakter orang Indonesia ketika menggunakan media sosial.

“Banyak membuli dan galak di medsos. Pas ketemu seolah paling sopan dan santun. Atau pas ditangkap karena nyebar hoaks menangis dan minta maaf tersedu-sedu. Apalagi kalo membaca kualitas komen-komen di berita-berita online. Level kasarnya luar biasa,” ujarnya dalam akun Instagram @ridwankamil.

Dirinya pun mengajak agar warganet Indonesia untuk berlaku sopan, baik saat bertatap muka atau secara virtual. “Mari santun dalam interaksi tatap muka, santun pula dalam interaksi virtual,” pungkasnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here