Santuy! Jalani Operasi Tumor Otak, Pasien Ini Malah Asyik Main Biola

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wanita asal Inggris, Dagmar Turner, mengidap tumor otak dan harus diambil tindakan operasi pengangkatan di kepalanya.

Nah, uniknya ahli bedah memintanya untuk memainkan biola guna memastikan agar kemampuan motorik pasien tidak rusak selama operasi pengangkatan tumor berlangsung di Rumah Sakit King’s College di London.

Sebelum melakukan operasi, tim dokter memetakan otak Turner untuk mengidentifikasi bagian otak yang aktif ketika dirinya memainkan biola dan bagian otak mana yang bertanggung jawab untuk mengendalikan bahasa dan gerakan.

Dokter lalu membangunkan Turner ketika operasi sedang berlangsung dan memintanya memainkan biola, untuk memastikan dokter bedah tidak merusak bagian otak yang penting yang mengendalikan gerak motorik halus, menurut pernyataan yang dikeluarkan pihak rumah sakit.

“Kami tahu betapa pentingnya biola bagi Dagmar Turner, jadi penting sekali bagi kami untuk dapat mempertahankan bagian otaknya yang mengendalikan gerak motorik halus yang memungkinkannya memainkan biola,” kata Prof. Keyoumars Ashkan, ahli bedah saraf yang ikut dalam operasi itu.

“Kami berhasil mengangkat 90 persen tumor, termasuk bagian yang dicurigai terdapat penyebaran yang agresif, sambil mempertahankan fungsi tangan kirinya secara utuh,” katanya.

Diketahui, Turner merupakan anggota Isle of Wight Symphony Orchestra dan kelompok paduan suara lainnya. Ia telah meninggalkan rumah sakit tiga hari setelah menjalani operasi yang dilakukan pada 31 Januari 2020 lalu itu dan berharap dapat secepatnya kembali bergabung dengan kelompok orkestranya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini