Potret Satgas Karhutla yang diunggah akun Twitter @Dwiyana_DKM.

MINEWS, JAKARTA – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Pada bulan ini, laporan bencana asap pun bermunculan dari Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menanggulangi bencana tersebut. Pasalnya, akibat ulah orang yang tak bertanggungjawab ini turut mengganggu habitat flora dan fauna.

Ditengah masalah ini, sebuah akun Twitter @Dwiyana_DKN mengungkap sisi lain akibat dari karhutla. Pada Selasa 17 September 2019, ia mengunggah potret para petugas karhutla yang tertidur.

Ada tiga foto diunggah. Tiga-tiganya menampilkan para petugas yang sedang tertidur di lokasi karhutla yang masih berasap. Caption unggahan ini menjelaskan bahwa para petugas ini sedang beristirahat usai memadamkan api yang melahap hutan Kalimantan.

“Para petuga ini jg manusia, butuh istirahat. Setelah lelah bekerja memadamkan api, mrk beristirahat beralaskan tanah dan rumput dgn kondisi udara yg msh sesak karena berasap. Semoga pekerjaan mereka dimudahkan dan dilancarkan. Semoga lelah mereka bernilai ibadah,” tulis @Dwiyana_DWK.

Para petugas tidur diatas tanah dengan beralaskan rumput. Pada salah satu foto yang diunggah, nampak tiga petugas yang terdiri dari dua polisi dan seorang TNI tertidur denga posisi saling bersandar satu sama lain.

Postingan @Dwiyana_DWK ini viral di media sosial. Kolom komentarnya dipenuhi dengan doa para netizen untuk petugas karhutla yang saat ini sedang berusaha menangani bencana buatan manusia tersebut.

“tetap semangat bapak-bapak berbuat kebaikan untuk negeri ini,” tulis @ApriliaLin.

“Semoga mrk tetap di beri kekuatan dan kesehatan dlm setiap perjuangan nya,” komentar @BuuloloArianto.

“Letih dan lelah dialami oleh bapak2 yang hebat itu demi tugas yang berat. Salut dan hormat kepada beliau2 dr rakyat kecil seperti saya ini,” kata @Ordinar51864125.

“Semoga hujan segera turun dan bapak2 ini bisa beristirahat dengan layak di rumah masing2,” kata @iwankecil.

“Tetap semangat Bapak-bapak, hati-hati dalam bertugas juga jaga kesehatan. Kami akan bantu dalam doa, semoga cepat padam dan normal kembali sehingga segera kembali pulang bersama keluarga tercinta di rumah,” tulis @rubiavianto.