Pesan Dedi Mulyadi Pada Baim Wong: Jaga Sikap Pada Orang Tua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mantan Bupati Purwakarta yang sekarang menjadi anggota DPR Dedi Mulyadi memberikan pesan kepada youtuber Baim Wong terkait kasus memarahi seorang bapak yang meminta uang kepadanya.

Dedi yang juga punya akun youtube dengan nama @Kang Dedi Mulyadi Channel dengan 1,94 juta subscribe itu mengatakan Baim harusnya menjaga sikap kepada orang tua. “Tidak boleh emosi harus lemah lembut pada orang tua. Dan sikap penyampaiannya dengan bahasa yang mudah dan gampang,” katanya.

Menurutnya, sudah sejak lama ia mengenal Baim Wong. Pertama kali, dia bertemu di rumah Baim Wong. Saat itu, Baim sangat rendah hati menerima kehadiran Dedi. ”Waktu itu saya pertama kali ketemu Baim Wong saat sedang populer banget. Tidak ada sikap sombong, dia bercerita mengenai pengalaman hidup dan ibunya. Tidak ada sedikitpun dia menyombongkan diri,” ujar Dedi.

Mengenai video viral Baim Wong dan seorang bapak yang meminta uang, Dedi menilai, ada dua hal yang terjadi. Pertama Baim terlihat kesal karena diikuti terus oleh sang bapak. Kedua, bapak tersebut meminta uang kepada Baim yang membuatnya lelah hingga emosi.

”Saya sedikit menebak, tidak ada pembelaan terhadap Baim. Ini hanya sudut pandang saya bahwa yang ada di dalam hatinya Baim itu tidak begitu menyukai pada orang yang sengaja meminta, tapi dia sangat menyukai orang bekerja,” paparnya.

Sehingga, menurut dia waktu itu Baim ingin memberikan pembelajaran bahwa baik lebih senang pada orang bekerja daripada bapak yang meminta.

Tetapi, kata Dedi, maksud baik Baim dengan cara yang kurang baik dan tidak tepat. Sebab, yang ia berhadapan dengan seorang bapak yang memerlukan adab khusus tidak dengan emosi .

Dedi juga pernah mengalami hal sama. Saat itu, dia bertemu dengan seorang bapak keliling meminta sumbangan karena mengaku stroke. Kemudian, Dedi mendatangi rumah sang bapak dan menawarkan pekerjaan pada anaknya. Namun menurutnya keluarga itu menolak tawarannya dan malah meminta modal untuk berjualan bubur.

Dedi kemudian memberikan modal untuk anaknya berjualan beserta kebutuhan makan keluarga selama satu bulan. Hal itu supaya sang bapak tidak lagi keliling meminta sumbangan.  Suatu saat, Dedi yang sedang berolahraga kembali bertemu dengan bapak itu yang sedang berkeliling kembali untuk meminta sumbangan. Ternyata, bapak tersebut bukan stroke melainkan cacat bawaan.

Akhirnya, Dedi kembali meminta bapak tersebut berhenti berkeliling. Selain itu, dia memberikan modal beternak anak sang bapak yang paling kecil. Ia pun menawari anaknya yang dewasa untuk bekerja sebagai penyapu setelah pulang sekolah.

”Saya tawari pekerjaan ternyata anaknya tidak datang. Modal usaha bubur juga tidak berjalan. Bapaknya masih keliling, itu yang membuat saya marah. Kok keluarga ini malah senang mengeksploitasi bapaknya,” kata Dedi.

Dedi pun berpesan pada Baim Wong agar kejadian serupa tak terulang dan menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat. “Mas baim lebih menahan diri dalam sikap yang spontanitas dalam diri. Kemudian ke depan lebih berhati-hati dalam memposting sebuah peristiwa, bisa jadi niat kita baik publik menilainya tidak baik. Karena hidup ini hanya ada dua, yang suka pasti membela yang tidak suka pasti mencerca,” katanya.

Kasus Baim Wong menjadi sorotan netizen karena ia memosting adegan memarahi itu menjadi sebuah konten dan ditonton banyak orang. Sejumlah netizen beranggapan sebaiknya Baim bisa menahan diri untuk tidak menyebarkannya ke sosial media dan mempermalukan bapak tua tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini